Dua Gol Ramdani Bawa Persija Meraih Kemenangan Atas Bali United

foto: istimewa

Jakartakita.com – Persija Jakarta meraih kemenangan 2-1 atas tim tuan rumah Bali United dalam pertandingan Grup B Piala Bhayangkara 2016 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (21/3/2016). Dua gol Persija dicetak Ramdani Lestaluhu (43′, 70′), membalikkan keadaan setelah tim Macan Kemayoran kebobolan gol I Gede Sukadana (23′). Dengan hasil ini Persija di peringkat dua klasemen dengan mengumpulkan tiga poin dari dua pertandingan, Bali United masih tanpa poin dari dua pertandingan di urutan terakhir.

Persija mengawali pertandingan dengan kiper Andritany Ardhiyasa di bawah mistar gawang, dikawal kapten Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Vava Mario Yagalo, dan Andik Rendika Rama. Sedangkan lini tengah diisi oleh Amarzukih, Mekan Nasyrov, Novri Setyawan, Pandi Lestaluhu, dan Ramdani Lestaluhu yang mendukung striker tunggal Rachmat Affandi.

Pada menit ke-empat Novri sempat menceploskan bola ke gawang Bali United. Tapi tak ada gol tercipta karena ia telah berada di posisi offside. Selang enam menit kemudian, Silvio Escobar menggetarkan jala gawang Persija. Namun juga tak terjadi gol, karena striker asal Paraguay itu telah dalam posisi offside.

Bali United lalu dapat unggul pada menit ke-23 dalam pertandingan ini. Tendangan jarak jauh yang diluncurkan I Gede Sukadana dari jarak 40 meter meluncur deras masuk ke gawang Persija tanpa bisa ditepis Andritany.

Tiga menit setelah itu, tendangan Pandi dari dalam kotak penalti Bali United dapat ditangkap kiper Rully Desrian. Lalu pada menit ke-27 sundulan Escobar dapat diblok secara refleks oleh Andritany dengan kakinya.

Usai waterbreak, Escobar kembali nyaris mencetak gol. Sundulannya terhadap umpan lambung Nyoman Sukarja dapat dihalau Maman sebelum melewati garis gawang. Pada menit ke-34 Escobar menerima kartu kuning karena menekel kaki Ismed.

Mendekati turun minum, Persija bisa mendapatkan gol penyama kedudukan. Pandi Lestaluhu mengotak-atik bola di sayap kiri lalu memberi operan kepada pamannya, Ramdani. Oleh Ramdani bola lalu lalu dilesakkan masuk ke gawang Bali United dengan sebuah tendangan mendatar pada menit ke-43.

Di awal babak kedua, pelatih Persija Paulo Camargo mengganti Vava Mario dengan Firmansyah. Sedangkan pelatih Bali United Indra Sjafri memasukkan Syakir Sulaiman dan Lucas Patinho untuk menggantikan Nyoman Sukarja dan Miftahul Hamdi.

Pada menit ke-56, Camargo melakukan dua pergantian pemain. Mekan dan Pandi ditarik keluar, digantikan Ade Jantra dan Wellington Franca. Dua menit berselang, tendangan Novri dari luar kotak penalti Bali United dapat ditangkap Rully. Sang kiper juga mudah menangkap tendangan bebas Ismed pada menit ke-61.

Dalam serangan Bali United setelah itu, sundulan Escobar terhadap umpan lambung Patinho melambung di atas mistar gawang Persija. Pada menit ke-65, Rully menangkap tendangan bebas Wellington.

Sekitar 20 menit waktu pertandingan tersisa, Ramdani membawa Persija berbalik unggul. Dalam sebuah serangan balik, tendangan Wellington dari luar kotak penalti Bali United dapat diblok pemain lawan. Tapi bola yang bergulir dapat dikuasai Ramdani, ia lalu menaklukkan Rully dengan sebuah tendangan mendatar.

Setelah terjadinya gol kedua Ramdani, coach Indra memasukkan Ganjar Mukti ke lapangan menggantikan Nyoman Adi Parwa. Setelah itu sebuah tendangan bebas Patinho dapat dengan mudah ditangkap Andritany.

Pada menit ke-83, Novri mendapat kartu kuning setelah melakukan pelanggaran. Dua pergantian pemain dilakukan Camargo, Amarzukih dan Ramdani keluar lapangan digantikan Rezaldi Hehanussa dan Rudi Setiawan. Tiga menit berselang, Escobar diganti Martinus Novianto.

Sementara itu dalam pertandingan selanjutnya di Stadion Kapten I Wayan Dipta, PS Polri bermain imbang 1-1 melawan Persipura Jayapura. PS Polri unggul duluan pada menit ke-19 lewat tendangan bebas Muhammad Hargianto. Lalu Persipura dapat menyamakan kedudukan lewat gol Nerius Alom pada menit ke-84.

Hasil imbang membuat PS Polri yang berada di puncak klasemen kini mengumpulkan empat poin. Sedangkan Persipura di urutan empat dengan satu poin dari satu pertandingan.

bali unitedPersijapertandinganpiala bhayangkara 2016sepakbola
Comments (0)
Add Comment