Laga Perpisahan Schweinsteiger dengan Timnas Jerman berakhir dengan Kemenangan

Jakartakita.com – Jerman sukses menundukkan Finlandia dengan skor 2-0 dalam pertandingan persahabatan yang berlangsung di Borussia Park, Kamis (1/9/2016) dini hari WIB. Gol-gol tim Panser dalam laga ini berasal dari Max Meyer (55’) dan gol bunuh diri bek Finlandia Paulus Arajuuri (77’).

Laga ini menjadi istimewa karena menjadi laga perpisahan Bastian Schweinsteiger dengan tim nasional Jerman. Gelandang Manchester United ini bermain 67 menit sebelum akhirnya meninggalkan lapangan dengan diiringi tepuk tangan penghormatan yang meriah dari seluruh penonton di stadion. Schweinsteiger yang berusia 32 tahun pensiun dari timnas setelah bermain 121 kali.

Schweinsteiger juga secara khusus menerima karangan bunga saat memasuki lapangan dengan mengenakan ban lengan kapten. Ia terlihat menitikkan air mata saat itu.

Jerman yang tampil dominan gagal menghasilkan gol pada babak pertama. Gol baru bisa diciptakan Meyer saat babak kedua berjalan 10 menit. Ia menuntaskan umpan Mario Gotze dengan sebuah sontekan.

Pada menit ke-67 Schweinsteiger meninggalkan lapangan untuk digantikan Julian Weigl. Ia kemudian duduk di bangku cadangan dengan penuh senyuman, disambut rekan-rekannya dan para staf kepelatihan.

Sekitar 10 menit Schweinsteiger resmi gantung sepatu dari tim Panzer, Jerman dapat menggandakan keunggulan. Umpan silang Mesut Ozil dibelokkan Arajuuri masuk ke gawang Finlandia.

Selanjutnya Jerman akan menghadapi tuan rumah Norwegia dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 pertamanya pada akhir pekan ini.

Sementara itu striker veteran Republik Irlandia Robbie Keane mengakhiri kiprahnya bersama tim nasional dengan sebuah gol dalam kemenangan 4-0 dalam pertandingan persahabatan melawan Oman di Stadion Aviva dini hari WIB tadi, penampilan ke-146 Keane bersama timnas.

Gol tersebut membawa Keane yang menyandang jabatan kapten Republik Irlandia sejak 2006 lalu menyamai rekor mantan striker legendaris Jerman Gerd Mueller, dengan torehan 68 gol. Keane yang telah berusia 36 tahun selanjutnya akan fokus membela LA Galaxy.

 

Susunan Pemain

Jerman: Ter Stegen (Leno 45’); Mustafi, Sule (Tah 58’), Kimmich; Schweinsteiger (Weigl 67’), Meyer, Hector (Ozil 63’), Bellarabi; Gotze, Volland, Brandt (Muller 78’)

 

Finlandia: Hradecky; Arajuuri (Ojala 82’), Moisander, Lam, Uronen (Saksela 60’); Raitala, Haisti (Mattila 72’), Lod (Schuller 60’), Ring; Pohjanpalo (Markkanen 72’), Hamalainen (Pukki 45’)

 

Hasil pertandingan persahabatan lainnya:

Republik Irlandia 4-0 Oman

Robbie Brady 8′, Robbie Keane 30′, Jonathan Walters 34′, 63′

Turki 0-0 Rusia

Albania 0-0 Maroko

Denmark 5-0 Liechtenstein

Nicolai Jorgensen 31′, 33′, Andreas Cornelius 49′, Viktor Fischer 62′, Jens Stryger Larsen 84′

Norwegia 0-1 Belarusia

Sergey Krivets 56′

Republik Ceko 3-0 Armenia

Ladislav Krejci 4′, Václav Kadlec 34′, Jan Kopic 86′

Estonia 1-1 Malta

Sergei Zenjov 57′ ; Alfred Effiong 59′

finlandiajermanmupensiunpertandingan persahabatanschweinsteigersepakbolatimnas
Comments (0)
Add Comment