Vietnam Jadi Lawan Indonesia di Semifinal Piala AFF 2016

Jakartakita.com – Vietnam telah dipastikan akan menjadi lawan tim nasional sepakbola Indonesia dalam semifinal Piala AFF 2016. Kepastian didapat setelah Vietnam menjadi juara Grup B dengan sembilan poin dari tiga laga, berkat mengalahkan Kamboja dengan skor 2-1 di Stadion Wunna Theikdi, Sabtu (26/11/2016) malam WIB.

Indonesia patut mewaspadai kekuatan Vietnam, pasalnya kemenangan atas Kamboja diraih saat tim hanya bermain 10 pemain usai Truong Dinh Luat menerima kartu merah akibat melakukan pelanggaran profesional kepada pemain Kamboja Chan Vathanaka yang mencoba mencetak gol pada menit ketujuh.

Meski demikian, Vietnam dapat unggul pada menit ke-20 lewat gol Le Cong Vinh yang dapat memaksimalkan umpan Toan Van Nguyen dengan tendangan kaki kanan. Lalu pada menit ke-50, keunggulan Vietnam bertambah setelah bek Kamboja Nub Tola menghasilkan gol bunuh diri.

Kamboja hanya bisa membalas sebuah gol, yaitu lewat gol Chrerng Polroth pada menit ke-65. Gol dicetak Polroth melalui tembakan dari luar kotak penalti Vietnam.

Dengan kekalahan dari Vietnam, Kamboja tersingkir dari Piala AFF 2016 dengan tanpa poin dari tiga laga grup. Sedangkan yang menemani Vietnam ke semifinal dari Grup B adalah Myanmar.

Myanmar yang merupakan tim tuan rumah Grup B berakhir di posisi runner-up grup dengan enam poin berkat berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Thuwunna, saat bersamaan laga Vietnam kontra Kamboja berlangsung di Stadion Wunna Theikdi.

Gol penentu kemenangan Myanmar ditorehkan David Htan pada menit ke-89 lewat tembakan dari luar kotak penalti Malaysia. Myanmar sempat berpeluang mendapat gol pada menit ke-12 lewat penalti setelah Aung Thu dilanggar Hazwan Bakri di kotak penalti Malaysia. Tapi tendangan penalti Aung dapat dihentikan kiper Malaysia Khairul Fahmi. Meski demikian, Malaysia yang pada akhirnya kalah tersisih dari ajang Piala AFF 2016 dengan berakhir di peringkat tiga klasemen Grup B dengan tiga poin.

Leg pertama pertemuan Indonesia dengan Vietnam dalam semifinal Piala AFF 2016 akan berlangsung 3 Desember mendatang, disusul leg kedua pada 7 Desember. Sementara itu leg pertama partai semifinal antara Myanmar kontra tim peringkat pertama Grup A Thailand berlangsung 4 Desember, lalu leg kedua pada 8 Desember.

Partai final juga berlangsung dua leg, yaitu pada 14 dan 17 Desember.

kambojaMalaysiaMyanmarpertandinganpiala aff 2016sepakbolaVietnam
Comments (0)
Add Comment