Ronaldo Raih Ballon d’Or

Jakartakita.com – Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, telah diumumkan sebagai peraih Ballon d’Or alias Bola Emas dalam acara penyerahan penghargaan pada Senin (12/12/2016) malam waktu setempat di Paris, Perancis.

Penghargaan pesepakbola terbaik di dunia tersebut merupakan yang ke-empat yang diterima Ronaldo. Sebelumnya ia memenangi penghargaan tersebut pada 2008, 2013, dan 2014 lalu. Ronaldo hanya kalah dari bintang Barcelona, Lionel Messi, yang telah meraih penghargaan Ballon d’Or lima kali.

Terpilihnya Ronaldo telah diprediksi banyak orang, karena ia membawa Madrid juara Liga Champions dan menghantarkan Portugal memenangi Piala Eropa tahun ini.

“Momen ini momen yang sangat istimewa. Penghargaan ini menandakan seluruh kerja keras saya selama ini terbayar sudah. Saya sangat gembira,” kata Ronaldo dalam acara penghargaan, seperti dilansir ESPN Soccer.

“Banyak orang yang membantu saya mencapai prestasi ini, dan jalan yang harus ditempuh tidaklah mudah. Anda hanya bisa menemukan pemain yang terus bertahan di level ini dengan hitungan jari saja. Saya bangga bisa menjadi salah satunya,” jelas Ronaldo.

Messi terpilih sebagai runner-up untuk penghargaan tahun ini, untuk ke-empat kalinya. Sebelumnya Messi meraih Ballon d’Or pada 2010,2011, 2012 dan 2015. Messi tahun ini membawa Barcelona juara La Liga dan Copa del Rey, serta menghantarkan Argentina ke final Copa America Centenario.

Striker Atletico Madrid, Antoine Griezmann, berada di peringkat ketiga. Ia membawa Perancis mencapai final Piala Eropa dan menjadi top skor turnamen.

Majalah France Football telah menyelenggarakan acara penghargaan Ballon d’Or sejak 1956. Mulai tahun depan, acara ini akan terpisah dengan penghargaan Pemain Terbaik Dunia Tahun Ini oleh FIFA. FIFA akan menyelenggarakan penghargaan Pesepakbola Pria Terbaik FIFA pada 9 Januari 2017 mendatang di Zurich, Swiss.

 

Peringkat para pemain yang masuk daftar Ballon d’Or, berdasarkan pilihan para panelis:

  1. Cristiano Ronaldo (Real Madrid, Portugal)
  2. Lionel Messi (Barcelona, Argentina)
  3. Antoine Griezmann (Atletico Madrid, France)
  4. Luis Suarez (Barcelona, Uruguay)
  5. Neymar (Barcelona, Brazil)
  6. Gareth Bale (Real Madrid, Wales)
  7. Riyad Mahrez (Leicester City, Algeria)
  8. Jamie Vardy (Leicester City, England)

9-t. Pepe (Real Madrid, Portugal)

9-t. Gianluigi Buffon (Juventus, Italy)

  1. Pierre-Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund, Gabon)
  2. Rui Patricio (Sporting, Portugal)
  3. Zlatan Ibrahimovic (Paris Saint-Germain/Manchester United, Sweden)

14-t. Arturo Vidal (Bayern Munich, Chile)

14-t. Paul Pogba (Juventus/Manchester United, France)

  1. Robert Lewandowski (Bayern Munich, Poland)

17-t. Dimitri Payet (West Ham, France)

17-t. Luka Modric (Real Madrid, Croatia)

17-t. Toni Kroos (Real Madrid, Germany)

 

Pemain lainnya: Sergio Aguero (Manchester City), Kevin De Bruyne (Manchester City), Paulo Dybala (Juventus), Diego Godin (Atletico Madrid), Gonzalo Higuain (Napoli/Juventus), Andres Iniesta (Barcelona), Koke (Atletico Madrid), Hugo Lloris (Tottenham), Thomas Muller (Bayern Munich), Manuel Neuer (Bayern Munich), Sergio Ramos (Real Madrid)

ballon d'orfrance footballmadridParisPenghargaanportugalronaldosepakbolaterbaik
Comments (0)
Add Comment