Indonesia Tundukkan Thailand 2-1

Jakartakita.com – Tim nasional sepakbola Indonesia sukses menundukkan Thailand dengan skor 2-1 dalam pertandingan leg pertama babak final Piala AFF 2016 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (14/12/2016).

Thailand sebetulnya dapat unggul terlebih dahulu dalam pertandingan ini, lewat gol Teerasil Dangda (33’). Tapi di babak kedua Indonesia dapat membalikkan keadaan berkat gol-gol Rizky Pora (65’) dan Hansamu Yama Pranata (70’).

Kemenangan ini tentunya menjadi modal yang sangat baik bagi Indonesia untuk meraih gelar juara. Selanjutnya tim asuhan pelatih Alfred Riedl akan menjalani leg kedua di Thailand pada 17 Desember mendatang.

Indonesia harus kehilangan Andik Vermansyah pada menit ke-20 karena winger berusia 25 tahun kelahiran Jember itu mengalami cedera. Ia lalu digantikan Zulham Zamrun.

Ketiadaan Andik di lapangan membuat tekanan Indonesia dari sayap kanan berkurang. Kondisi ini dapat dimanfaatkan Thailand untuk menciptakan gol. Umpan silang Theeraton Bunmathan dari sayap kiri dapat dimaksimalkan Teerasil menjadi gol dengan sebuah sundulan pada menit ke-33.

Tujuh menit berselang, Thailand kembali menghasilkan ancaman ke gawang Indonesia. Tembakan Chanathip Songkrasin yang mengarah ke gawang dapat ditangkap kiper Kurnia Meiga.

Di babak kedua Thailand meneruskan agresivitasnya seperti di babak pertama. Pada menit ke-62 Meiga harus bersusah payah menepis bola hasil tendangan Sarawut Masuk keluar lapangan.

Tiga menit berselang, sebuah serangan yang dilakukan Indonesia dapat menghasilkan gol penyama kedudukan. Rizky melakukan tembakan dari luar kotak penalti Thailand, bola mengenai pemain lawan sehingga berbelok masuk ke dalam gawang.

Lima menit setelah itu, Hansamu membawa Indonesia berbalik unggul lewat gol yang dicetaknya. Sepak pojok Rizky membuat bola dapat ditanduk Hansamu masuk ke dalam gawang Thailand.

Mendekati akhir laga, dua peluang Indonesia yang mengarah ke gawang Thailand dapat diamankan kiper Kawin Thamsatchanan, yaitu tembakan Ferdinand Sinaga dan sundulan Lerby Eliandry.

 

Susunan Pemain

Indonesia: Meiga; Fachruddin, Hansamu, Abduh, Benny (Lerby 69’); Lilipaly, Bayu, Manahati; Boaz (Ferdinand 78’), Rizky, Andik (Zulham 20’)

 

Thailand: Thamsatchanan; Namwiset, Bunmatan, Promrak; Anan (Chappuis 80’), Yooyen, Songkrasin, Thaweekarn (Notchaiya 68’), Do; Dangda, Masuk (Chatthong 73’)

Indonesiapertandinganpiala aff 2016sepakbolathailandtimnas
Comments (0)
Add Comment