Kalah 0-2 di Thailand, Indonesia Gagal Raih Piala AFF 2016

Jakartakita.com – Kekalahan menyakitkan 0-2 harus diterima tim nasional sepakbola Indonesia dalam menjalani pertandingan leg kedua babak final Piala AFF 2016, menghadapi tim nasional tuan rumah Thailand di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016).

Kedua gol Thailand dicetak oleh pemain bernomor punggung 9, Siroch Chatthong. Gol pertama dihasilkan Siroch alias Pipo, nama julukannya, pada menit ke-37. Umpan silang Theerathon Bunmatan dari sayap kiri coba dihalau Fachruddin, tapi malah membuat bola memantul Siroch sehingga masuk ke gawang Indonesia.

Sedangkan dalam gol kedua yang terjadi di babak kedua, yaitu pada menit ke-47, Siroch menggetarkan jala gawang Indonesia dengan tendangan kaki kanan setelah menerim operan Chanathip Songkrasin dari sayap kiri.

Thailand kemudian kembali mengancam gawang Indonesia pada menit ke-50. Kali ini tembakan Teerasil Dangda dari luar kotak penalti Indonesia bisa dihentikan kiper Kurnia Meiga. Setelah itu sang penjaga gawang juga dapat menepis sepakan Teerasil pada menit ke-71 keluar lapangan.

Pada menit ke-79 Meiga melanggar Siroch di kotak penalti Indonesia. Akibatnya Thailand menerima hadiah penalti, Meiga mendapat kartu kuning. Teerasil maju sebagai eksekutor, tapi tendangan 12 pas yang diluncurkannya dapat ditangkis Meiga hingga bola keluar lapangan.


Saat pertandingan memasuki menit tambahan kelima, Abduh Lestaluhu melakukan aksi konyol karena menendang bola ke arah bangku cadangan Thailand. Akibat tindakannya, Abduh menerima kartu merah dan membuat para pemain kedua tim sempat berselisih. Namun pada akhirnya pertandingan selesai pada menit tambahan ketujuh, dengan kekalahan 0-2 bagi Indonesia.

Dengan hasil yang terjadi, Thailand merebut gelar juara Piala AFF 2016 dengan keunggulan agregat akhir 3-2. Pada leg pertama pada 14 Desember lalu, Indonesia menang 2-1.

Keberhasilan merebut gelar juara merupakan yang kelima kalinya bagi Thailand, setelah sebelumnya meraih gelar tersebut pada 1996, 2000, 2002, dan 2014. Piala AFF masih bertajuk Piala Tiger, sesuai sponsor, antara 1996 sampai 2004. Indonesia dengan berakhir sebagai runner-up di Piala AFF 2016 berarti telah lima kali gagal menang di final, setelah sebelumnya juga mengalami hal serupa pada 2000, 2002, 2004, dan 2010.

Pelatih Thailand Kiatisuk Senamuang meraih gelar juara kelimanya, tiga sebagai pemain dan dua sebagai pelatih. Kapten Thailand Teerasil Dangda menjadi pencetak gol terbanyak di Piala AFF 2016 dengan torehan 6 gol, sebanyak 4 gol di antaranya diciptakan ke gawang Indonesia. Sedangkan gelandang serang Thailand Chanatip Songkrasin terpilih sebagai pemain terbaik turnamen. Pada gelaran 2014 lalu ia juga meraih penghargaan tersebut.

 

Susunan Pemain

Thailand: Thamsatchanan; Kesarat, Chutong, Promrak; Yooyen, Chappuis (Anan 82’), Songkrasin (Deeprom 90’+6′), Bunmatan, Do; Chatthong (Masuk 90’), Dangda

 

Indonesia: Meiga (kk 80’); Fachruddin, Hansamu, Abduh (km 90’+5’), Beny (kk 17’)(Dedi 45’); Manahati, Bayu, Lilipaly; Rizky (Ferdinand 73’), Zulham (Lerby 64’), Boaz

aff 2016Indonesiapertandingansepakbolathailand
Comments (0)
Add Comment