Opsigo Tawarkan Solusi untuk Agen Travel Konvensional Bertransformasi Secara Digital

foto : jakartakita.com/ikung adiwar

Jakartakita.com – PT Reka Sinergi Pratama memperkenalkan Opsigo, sebuah online booking tools untuk mengintegrasikan data dari berbagai vendor biro perjalanan seperti airlines, hotel, car rental, paket tour, dan lain sebagainya.

Opsigo dapat menjadi solusi bagi biro perjalanan konvensional yang ingin bertransformasi menjadi Online Travel Agent (OTA) tanpa perlu membangun sistem online booking tools sendiri – memungkinkan biaya investasi yang lebih murah serta mengurangi resiko kegagalan investasi dalam mengembangkan sistem online booking perusahaan.

Selain itu, hadirnya Opsigo juga dapat meningkatkan produktivitas kerja dan mengurangi biaya operasional biro perjalanan karena sistem ini mudah digunakan. Sistem “Software as a Service” juga menjadikan Opsigo terjangkau oleh biro perjalanan berskala kecil, menengah, dan besar.

“Industri travel merupakan industri kedua tertinggi yang menerapkan teknologi di dalam kegiatan bisnisnya, setelah industri finansial dan perbankan. Serupa dengan industri perbankan yang kini lebih mengandalkan mesin ATM dibandingkan teller, maka industri travel juga mulai mengurangi ketergantungan proses kerja tenaga ticketing dan menggantinya dengan sistem online booking tools,” jelas Edward Nelson Jusuf, Chief Executive Officer, PT Reka Sinergi Pratama dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

Dijelaskan, Opsigo menawarkan layanan sistem dengan harga yang sangat terjangkau, sekalipun bagi biro perjalanan berskala kecil. Dengan penggunaan sistem ini, biro perjalanan dapat melayani calon penumpang dengan lebih cepat karena proses pembuatan reservasi langsung dilakukan dalam satu sistem tanpa perlu membuka website airlines satu per satu. Cara kerja ini mampu meningkatkan produktivitas dan memungkinkan biro perjalanan menjual produknya secara daring.

“Opsigo menawarkan dua produk yang disesuaikan dengan skala bisnis biro perjalanan. Untuk perusahaan yang lebih kecil dapat menggunakan Opsigo Lite dengan biaya bulanan sebesar Rp2.000.000,- (di dalamnya sudah termasuk 500 transaksi ticketing), sedangkan untuk skala bisnis yang lebih besar dapat menggunakan Opsigo dengan biaya bulanan sebesar Rp3.000.000,- (di dalamnya sudah termasuk 1.000 transaksi ticketing). Kelebihan tiket yang diterbitkan akan dikenakan biaya transaksi tambahan,” papar Edward.

Adapun Opsigo memanfaatkan teknologi komputasi awan Microsoft Azure sebagai mesin virtual (Virtual Machine) untuk memproses setiap transaksi serta menyimpan data transaksi. Microsoft Azure memberikan kemampuan skalabilitas yang sangat fleksibel di mana proses auto scale akan disesuaikan dengan banyaknya jumlah transaksi yang dilakukan.

Di saat transaksi sedikit, server pun akan melakukan optimalisasi dengan mengurangi kemampuannya. Di saat transaksi meningkat, kemampuan komputasi akan meningkat sejalan dengan kapasitas yang diperlukan. Dengan demikian, biaya operasional kami dapat ditekan secara optimal,” ungkap Edward.

foto : jakartakita.com/ikung adiwar

Hingga saat ini, Opsigo telah dipakai oleh lebih dari 30 agen travel terkemuka, di antaranya adalah Antavaya, Bayu Buana, Golden Rama, dan Golden Nusa. Sebagai pionir penyedia aplikasi online booking tools bagi biro perjalanan, perkembangan bisnis PT Reka Sinergi Pratama sangat signifikan. Jumlah penerbitan tiket di tahun 2016 ini meningkat 281% dibandingkan tahun 2015, dari 55.000 tiket menjadi 210.000 tiket. Jumlah transaksi Opsigo pun mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu sebesar 170% dibanding tahun lalu.

Selain Opsigo, PT Reka Sinergi Pratama juga mengembangkan beberapa aplikasi lain menggunakan Microsoft Azure. Beberapa di antaranya adalah Opsifin (program mid & back office system – sistem akuntansi yang terintegrasi dengan Opsigo, sehingga transaksi dapat terintegrasi dengan invoicing system), Opsicorp (Travel Management System yang diperuntukkan bagi pelanggan korporasi, sehingga proses approval perjalanan dinas dapat terkelola dengan lebih efektif dan efisien), dan Opsitools (engine penyedia Application Programming Interface / API Access dari Opsigo).

“Teknologi terdepan dari Microsoft, khususnya Microsoft Azure, memungkinkan kami untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan. Kemampuan skalabilitas yang canggih ditunjang dengan keamanan data yang tinggi, menjadikan investasi TI semakin efektif dan efisien. Kami pun dapat menghilangkan investasi hardware server dan ruang server di dalam perusahaan. Selain itu, perkembangan bisnis perusahaan kami juga menjadi berkesinambungan dan konsisten, sejalan dengan perkembangan tekonologi skala dunia,” tandas Edward.

 

Agen Travel KonvensionalMicrosoft AzureOnline TravelOnline Travel Agent (OTA)OpsigoPT Reka Sinergi Pratamasistem online booking tools
Comments (0)
Add Comment