MU Raih Gelar Juara Liga Eropa 2016/17

Jakartakita.com – Manchester United sukses meraih gelar juara Liga Eropa 2016/17 usai mengalahkan Ajax Amsterdam yang ditangani pelatih Peter Bosz dengan skor 2-0 dalam pertandingan final yang berlangsung di Friends Arena, Stockholm, Swedia, Kamis (25/5/2017) dini hari WIB.

Gol pertama The Red Devils dihasilkan Paul Pogba (18’). Tendangan keras yang diluncurkan Pogba dari luar kotak penalti Ajax membuat bola memantul kaki bek Ajax Davinson Sanchez sebelum masuk ke dalam gawang.

Lalu gol kedua MU ke gawang tim asal Belanda diciptakan Henrikh Mkhitaryan (48’). Tendangan sudut Daley Blind diteruskan Chris Smalling dengan sebuah sundulan, bola lalu disambar masuk ke gawang Ajax dengan sepakan kaki kanan sambil menjatuhkan diri.

Usai pertandingan, pelatih MU Jose Mourinho dan para pemain MU menerima kalungan medali setelah melewati guard of honor para pemain Ajax. Striker klub Inggris tersebut asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic, turut menerima medali meski harus tertatih-tatih menaiki panggung di tengah lapangan. Ibra belum sepenuhnya pulih dari operasi lutut yang dijalaninya awal bulan ini.

Selebrasi kemudian dimulai dengan pengangkatan trofi juara oleh kapten tim Wayne Rooney. Liga Eropa menjadi turnamen kedua yang dijuarai The Red Devils musim ini setelah Piala Liga Inggris.

Berkat meraih gelar juara Liga Eropa, MU mendapat satu tiket untuk berlaga di ajang Liga Champions musim depan. Dengan demikian ada lima tim Inggris yang akan berkompetisi di Liga Champions musim depan. MU, Chelsea, Tottenham Hotspur, dan Manchester City langsung berlaga di babak grup, sedangkan Liverpool melalui babak play-off.

Mourinho kepada ESPN Soccer menyatakan bahwa keberhasilan menjadi juara diharapkan dapat memberikan sedikit keceriaan bagi Kota Manchester yang tengah berduka setelah terjadinya serangan teroris di Manchester Arena awal pekan ini.

Pogba dan Ander Herrera pun telah menyebutkan bahwa mereka mendedikasikan kemenangan kepada para korban ledakan bom bunuh diri yang terjadi di lokasi konser penyani cantik asal Amerika Serikat, Ariana Grande, tersebut. Sebelum laga final dimulai, telah dilakukan mengheningkan cipta sebagai bentuk penghormatan kepada mereka yang terkorban maupun keluarga yang ditinggalkan.

 

Susunan Pemain

Manchester United: Romero; Blind, Smalling, Darmian, Valencia; Fellaini (booked 52’), Pogba, Herrera; Rashford (Martial 84’), Mkhitaryan (booked 31’)(Lingard 74’), Mata (booked 78’)(Rooney 90’)

 

Ajax Amsterdam:  Onana; De Ligt, Sanchez, Riedewald (booked 78’)(De Jong 82’), Veltman (booked 58’); Schone (Van de Beek 70’), Ziyech, Klaassen; Dolberg (Neres 62’), Younes (booked 64’), Traore

Ajaxjuaraliga eropamupertandingansepakbola
Comments (0)
Add Comment