Arsenal Juara Piala FA 2016/17

Jakartakita.com – Arsenal berhasil keluar sebagai juara Piala FA 2016/17 berkat kemenangan dengan skor 2-1 atas Chelsea dalam partai final yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Sabtu (27/5/2017). Gol-gol Arsenal besutan pelatih Arsene Wenger dicetak Alexis Sánchez (4′) dan Aaron Ramsey (79′), sedangkan gol Chelsea asuhan pelatih Antonio Conte diciptakan Diego Costa (76′).

Chelsea dalam pertandingan ini harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-68, akibat kartu merah dari kartu kuning kedua yang diterima Victor Moses pada menit ke-68 karena dianggap melakukan diving oleh wasit.

Keberhasilan menjadi juara membuat Arsenal meraih rekor terbanyak menjuarai Piala FA, sebanyak total 13 kali. The Gunners kini unggul satu trofi dari Manchester United. Sedangkan Chelsea akibat kekalahan yang diraih harus puas hanya meraih gelar juara Liga Inggris musim ini, tak bisa mewujudkan gelar double winner.

Laga dimulai dengan pengheningan cipta sebagai bentuk penghormatan terhadap para korban ledakan bom bunuh diri di Manchester Arena beberapa waktu lalu. Turut hadir di pinggir lapangan Duke of Cambridge, Pangeran William.

Arsenal telah unggul saat babak pertama baru berjalan empat menit. Sanchez membobol gawang Chelsea dengan tendangan kaki kanan, memaksimalkan bola liar hasil halauan N’Golo Kante yang sebelumnya memantul dadanya. Gol yang dihasilkan merupakan gol ke-30 Sanchez bagi Arsenal musim ini.

Sekitar 10 menit kemudian, The Gunners nyaris menggandakan keunggulan. Namun bola yang dilambungkan Mesut Ozil masih bisa dihalau bek Chelsea Gary Cahill sebelum melewati garis gawang.

Pada menit ke-19, sundulan Danny Welbeck menyambar bola yang diluncurkan Ozil dari tendangan sudut menerpa tiang gawang kanan Chelsea. Setelah itu sepakan Aaron Ramsey membuat bola kembali menerjang tiang gawang yang sama.

Chelsea kemudian menghasilkan peluang yang mengarah ke gawang Arsenal pada menit ke-28. Tendangan Diego Costa dapat ditepis kiper Arsenal David Ospina keluar lapangan.

Memasuki sekitar setengah jam babak pertama bergulir, giliran Danny Welbeck melakukan giringan berbahaya di kotak penalti Chelsea. Namun ia gagal melewatkan bola dari hadangan kiper The Blues Thibaut Courtois.

Dua menit berselang, tembakan Granit Xhaka dari luar kotak penalti Chelsea dapat ditepis Courtois keluar lapangan. Sampai turun minum, keunggulan 1-0 Arsenal bertahan.

Di awal babak kedua Chelsea berusaha untuk tampil lebih menyerang. Tembakan Kante dan Moses dapat dihentikan Ospina.

Pada menit ke-68 Chelsea harus kehilangan Moses. Meski bermain dengan hanya 10 pemain di lapangan, Chelsea bisa mendapatkan gol penyama kedudukan. Costa membobol gawang The Gunners pada menit ke-76 dengan tendangan kaki kanan usai menerima umpan lambung Willian.

Dua menit usai gol Costa terjadi, Olivier Giroud masuk lapangan menggantikan Welbeck. Ia menjadi aktor penting dalam terjadinya gol penentu kemenangan Chelsea pada menit ke-79. Umpan lambung Giroud di kotak penalti Chelsea dimaksimalkan Ramsey menjadi gol dengan sebuah tandukan.

Setelah gol Ramsey, tak ada gol lainnya yang tercipta. Sepakan Costa pada menit ke-86 dapat diamankan Ospina, sedangkan tendangan Ozil semenit setelah itu membuat bola menerpa tiang gawang kiri Chelsea. Arsenal merebut Piala FA 2016/17 dengan kemenangan 2-1 atas Chelsea di partai final.

Seusai pertandingan, para pemain dan pelatih Chelsea menerima kalungan medali dari Pangeran William sebagai peraih runner-up, termasuk kapten John Terry yang akan meninggalkan The Blues seiring berakhirnya musim kompetisi sepakbola di Inggris.

Setelah itu para pemain dan pelatih Arsenal menerima kalungan medali. Kapten tim Per Mertesacker menjadi orang pertama dari skuat Arsenal yang mengangkat trofi juara, lalu berurutan para pemain lainnya sebelum akhirnya mencapai tangan Wenger. Gelar juara Piala FA 2016/17 merupakan gelar juara Piala FA ketujuh bagi pelatih asal Perancis tersebut.

Susunan Pemain
Arsenal:
Ospina; Mertesacker, Monreal, Holding (booked 53’); Xhaka (booked 81’), Ramsey (booked 9’), Ox (Coquelin 82’(booked 83’)), Bellerin; Welbeck (Giroud 78’), Sanchez (Elneny 90’+3’), Ozil

Chelsea: Courtois; Luiz, Cahill, Azpilicueta; Matic (Fabregas 61’), Kante (booked 59’), Alonso, Moses (booked 57’, 68’, dismissed 68’); Costa (Batshuayi 88’), Hazard, Pedro (Willian 72’)

ArsenalChelseaInggrisjuarapertandinganpiala fasepakbola
Comments (0)
Add Comment