INSPIRASI : Social Entrepreneur Yang Berpengaruh di Asia – Datuk Stella Chin

foto : istimewa

Jakartakita.comDatuk Stella Chin, seorang pebisnis wanita asal Malaysia, berhasil membangun perusahaan organik berkelas dunia – MELILEA International Group of Companies – yang telah tersebar di berbagai Negara di Asia Pasifik, termasuk di Indonesia.

Usaha dan kerja kerasnya telah menghantarkan Datuk Stella menjadi wanita Asia pertama, yang mendapatkan penghargaan Stevie Awards pada tahun 2015, di empat kategori sekaligus.

Asal tahu saja, di dalam dunia bisnis, penghargaan Stevie Awards adalah penghargaan Internasional yang bergengsi dan membanggakan.

Berikut ini ‘sekelumit’ cerita dibalik kesuksesan Datuk Stella Chin, baik dalam membangun karir maupun keluarga, yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Ayah dari Datuk Stella adalah seorang sopir dan ibunya adalah seorang penjaga warung. Dengan keadaan ekonomi yang serba terbatas ini, Datuk Stella kecil memiliki keyakinan bahwa hanya dengan pendidikanlah, mereka dapat keluar dari permasalahan ekonomi tersebut.

Maka tidak heran, sejak kecil, bungsu dari empat bersaudara ini selalu giat belajar hingga meraih banyak prestasi di sekolahnya.

Insting bisnisnya makin terasah setelah menikah di usianya yang ke-21 tahun, bersama Datuk Alan Wong, yang saat itu masih berprofesi sebagai pekerja kantoran.

Dengan semua keberanian untuk mengubah hidupnya, pasangan suami istri ini mencoba peruntungan di dunia bisnis dengan membuka bisnis di negeri sejuta pagoda, Thailand.

Perjalanan bisnisnya tidaklah semulus yang dikira, mereka harus menelan pahitnya di tipu, bangkrut ataupun diremehkan banyak orang.

Setelah beberapa kali mengalami jatuh bangun, akhirnya mereka pun menjadi lebih kuat hingga dapat membangun kerajaan bisnis yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Meski demikian, sebagai seorang wanita karir dengan segudang kesibukan di dunia bisnis, Datuk Stella tidak melupakan perannya sebagai seorang istri sekaligus ibu dari empat orang anak yang telah beranjak dewasa.

Pemenang ESQR AWARD 2015 pada kategori “The International Diamond Award for Excellence Quality”, di Vienna, Austria ini, berhasil membuktikan bahwa setiap wanita sebenarnya memiliki kapasitas yang besar.

foto : istimewa

“Seorang wanita tidak harus memilih antara karir dan rumah tangganya. Karena mereka dapat melakoni kedua peran tersebut, jika mampu menempatkan diri dan menyesuaikan pola pikirnya secara lebih luwes,” ujar Datuk Stella dalam sebuah kesempatan wawancara, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, masih banyak wanita yang belum menyadari kemampuan besar yang ada di dalam dirinya. Hal inilah yang mendorong dia untuk mendirikan Stellavingze International, sebuah organisasi yang berfokus pada upaya pengembangan diri wanita melalui Pendidikan.

“Tujuan dari organisasi ini adalah agar setiap wanita dapat menemukan kembali kapasitas diri mereka masing-masing dan mampu mengembangkannya,” terang Datuk Stella.

Ada empat kunci utama yang diajarkan Datuk Stella kepada anggota organisasinya untuk memaknai hidup yang sebenarnya, yaitu Success (kesuksesan), Transformation (transformasi), Achievement (pencapaian), dan Recognation (penghargaan).

Di Indonesia, organisasi ini pun telah ada. Bagi para wanita yang ingin bergabung dengan komunitas ini, dapat menghubungi Miss Winda di +628111871356. (Gloria Morgen)

Datuk Stella ChininspirasikarirMELILEA International Group of CompaniespendidikanStellavingze InternationalStevie Awardswanita karir
Comments (0)
Add Comment