Buffon Jalani Laga Terakhirnya Bersama Juventus

Jakartakita.com – Juventus meraih kemenangan dengan skor 2-1 atas tim tamu Hellas Verona dalam pertandingan terakhir yang dijalani tim berjulukan La Vecchia Signora tersebut di ajang Serie A 2017/18, yang berlangsung di Stadion Allianz, Sabtu (19/5/2018). Gol-gol Juventus dicetak Daniele Rugani (49′) dan Miralem Pjanic (52′), sedangkan gol Verona dihasilkan Alessio Cerci (76′).

Kemenangan yang diraih membawa tim asuhan pelatih Massimiliano Allegri yang memuncaki klasemen total mengoleksi 95 poin dari 38 pertandingan Serie A musim ini. Verona besutan pelatih Fabio Pecchia yang telah dipastikan terdegradasi berakhir di posisi 19 klasemen dengan 25 poin akibat kekalahan yang diderita.

Pertandingan ini menjadi istimewa bagi kiper legendaris Juventus Gianluigi Buffon, karena menjadi pertandingan terakhirnya bersama Juventus sebelum meninggalkan klub di akhir musim. Kiper berusia 40 tahun tersebut memasuki lapangan ditemani ketiga putranya. Penampilan kali ini merupakan yang ke-640 bagi Buffon di ajang Serie A.

Sebuah penyelamatan dilakukan Buffon pada menit ke-16, ia dapat menangkis tendangan yang dilakukan Mohamed Fares. Sekitar delapan menit berselang, sundulan Mario Mandzukic memanfaatkan umpan silang Douglas Costa dari sayap kiri dapat dihentikan kiper Verona Nicolas Andrade.

Memasuki menit ke-25, tembakan Paulo Dybala dari luar kotak penalti Verona dibendung Andrade. Lalu tujuh menit setelah itu, tendangan Mandzukic ditepis Andrade keluar lapangan.

Jelang turun minum, sepakan Dybala membuat bola menerpa mistar gawang Verona. Sampai turun minum, kedudukan imbang 0-0 bertahan.

Di awal babak kedua, Rugani membawa Juventus unggul lewat gol yang dihasilkan dengan sontekan kaki kanan menyambar bola rebound sepakan Costa yang ditangkis Andrade. Pada menit ke-52, Pjanic menggandakan keunggulan tim tuan rumah melalui gol yang dicetak lewat tendangan bebas menggunakan kaki kanan.

Pada menit ke-63, Buffon digantikan Carlo Pinsoglio. Ia keluar lapangan dengan menitikkan air mata, melewati guard of honour para pemain cadangan dan staf kepelatihan Juventus.

Verona kemudian dapat memperkecil ketertinggalan pada menit ke-76. Cerci menuntaskan umpan silang Romulo dari sayap kanan dengan sontekan kaki kiri. Tiga menit berselang, tembakan Claudio Marchisio dari luar kotak penalti Verona ditangkis Andrade. Lalu tendangan Gonzalo Higuain pada menit ke-83 dihentikan sang penjaga gawang.

Semenit berselang, Juventus mendapat penalti setelah Enrico Bearzotti melakukan handsball di kotak penalti Verona. Stephan Lichtsteiner maju sebagai eksekutor tendangan 12 pas, namun sepakannya dapat ditepis Andrade.

Mendekati laga berakhir, Lichtseiner meninggalkan lapangan dengan diiringi tepuk tangan meriah para pemain lain maupun para penonton. Seperti Buffon, Lichtsteiner akan meninggalkan Juventus di akhir musim.

Seusai pertandingan, pesta perayaan keberhasilan Juventus meraih scudetto musim ini, gelar juara Serie A ketujuh beruntun, digelar. Para pemain larut dalam kegembiraan mengangkat trofi juara, disaksikan para pendukung Juventus di stadion. Perayaan setelah itu juga berlanjut ke luar stadion, dengan para pemain menaiki bus tim melewati jalan-jalan yang dipenuhi para pendukung Juventus.

 

Susunan Pemain

Juventus: Buffon (Pinsoglio 63’); Barzagli, Rugani, Sandro, Lichtsteiner; Pjanic, Sturaro (Bentancur 44’), Marchisio; Mandzukic, Costa (Higuain 66’), Dybala

 

Hellas Verona: Andrade; Souprayen, Caracciolo (Bearzotti 45’), Fares (booked 51’), Ferrari; Danzi, Fossati (booked 58’), Aarons (Zuculini 62’), Romulo; Cerci, Matos (Petkovic 81’)

buffonJuventuspertandingansepakbolaSerie Averona
Comments (0)
Add Comment