Leclerc Juara F1 GP Belgia

Jakartakita.com – Pebalap Ferrari Charles Leclerc keluar sebagai juara F1 GP Belgia 2019 setelah menjadi yang tercepat menuntaskan seluruh 44 putaran dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (1/9/2019). Pebalap Monako tersebut finis dalam waktu 1 jam 23 menit 45,710 detik.

Kemenangan yang diraih merupakan yang pertama bagi pebalap berusia 21 tahun tersebut di ajang F1. Leclerc mempersembahkan kemenangannya bagi mendiang Anthoine Hubert, pebalap F2 yang tewas dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps pada Sabtu (31/8/2019). Keduanya telah saling mengenal saat masih menjadi pebalap junior.

Leclerc start dari posisi terdepan dalam balapan pada Minggu. Terjadi tabrakan antara pebalap tim Alfa Romeo Racing Kimi Raikkonen dan pebalap tim Red Bull Racing Max Verstappen di tikungan pertama, menyebabkan Verstappen tak bisa melanjutkan balapan. Pada putaran keempat, giliran laju pebalap McLaren Carlos Sainz yang terhenti.

Setelah masuk pitstop, Leclerc keluar di belakang rekan setimnya, Sebastian Vettel, pada putaran ke-22. Pada putaran ke-27, Vettel mengikuti team order dan membiarkan Leclerc melewatinya. Lima putaran kemudian, pebalap Mercedes Lewis Hamilton dapat merebut posisi kedua dari Vettel.

Pada akhirnya Leclerc finis di posisi pertama, diikuti Hamilton, Bottas, dan Vettel. Pebalap tim Red Bull Racing berpaspor Thailand kelahiran Inggris, Alexander Albon, finis di posisi kelima meski start dari posisi 14.

Hasil balapan di Belgia membuat Hamilton yang memuncaki klasemen pebalap F1 kini mengoleksi 268 poin dari 13 balapan yang telah berlangsung musim ini. Bottas di peringkat dua dengan 203 poin, Verstappen di peringkat tiga dengan 181 poin.

Vettel menempati peringkat empat dengan 169 poin, sedangkan Leclerc satu peringkat di bawahnya dengan 157 poin.

gp belgiapebalapspa-francorchamps
Comments (0)
Add Comment