Timnas Alami Kekalahan dari Malaysia

foto: istimewa

Jakartakita.com – Tim nasional sepakbola Indonesia mengalami kekalahan dengan skor 2-3 dari tim tamu Malaysia dalam pertandingan perdananya di Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona AFC yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019) malam WIB.

Timnas besutan pelatih SImon McMenemy sempat unggul terlebih dahulu pada menit ke-11, lewat gol yang dicetak Alberto ‘Beto’ Goncalves dengan sontekan kaki kanan menuntaskan umpan terobosan Saddil Ramdani. Malaysia lalu menyamakan kedudukan pada menit ke-36, setelah Mohamadou Sumareh mencetak gol dengan sontekan kaki kiri usai berakselerasi masuk ke kotak penalti timnas.

Dua menit berselang, Beto membawa timnas kembali unggul. Kali ini pemain naturalisasi kelahiran Brasil itu menyarangkan bola ke gawang lawan dengan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti Malaysia setelah menerima operan Andik Vermansyah.

Malaysia kemudian dapat menyamakan kembali pada menit ke-65. M Syafiq bin Ahmad membobol gawang timnas dengan sundulan memanfaatkan umpan silang M Safawi bin Rasid dari sayap kanan.

Pertandingan kemudian sempat dihentikan wasit pada menit ke-70 karena insiden penonton Indonesia yang masuk ke sisi lapangan. Akibatnya tambahan waktu babak kedua berlangsung cukup lama.

Memasuki menit tambahan keenam babak kedua, Samareh mencetak gol keduanya dalam laga yang membuat Malaysia berbalik unggul. Gol dihasilkan dengan sontekan kaki kanan menuntaskan umpan mendatar Matthew Thomas Davies.

Kekalahan dengan skor 2-3 yang diderita membuat timnas terpuruk di dasar klasemen dengan tanpa poin. Sedangkan Malaysia yang ditangani pelatih Tan Cheng Hoe bertengger di puncak klasemen dengan perolehan tiga poin dari kemenangan yang diraih di SUGBK.

Seusai laga, oknum suporter Indonesia mulai bertingkah beringas dan melemparkan botol, bambu, dan benda-benda lainnya mengarah ke suporter Malaysia. Akibat dari kericuhan tersebut, suporter Malaysia sempat terkurung di dalam stadion dan kesulitan untuk keluar.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia: Andritany Ardhiyasa; Yustinus Pae, Hansamu Yama, Manahati Lestusen, Ricky Fajrin (Ruben Sanadi 79′); Zulfiandi (Rizky Pellu 45′), Evan Dimas, Andik Vermasansah, Saddil Ramdani (Irfan Jaya 51′), Stefano Lilipaly; Beto Goncalves

Timnas Malaysia: M Farizal bin Marlias; Matthew Davies, Shahrul bin Mohamad Saad, Adam Nor Azlin, La Vere Lawrence Corbin-Ong (kk 55’); Brendan Seng Ling Gan, M Nor Azam bin Abdul Azih, M Safawi bin Rasid, Norshahrul Idlan bin Talaha (Akhyar Rashid 66’), M Hadin bin Azman (Mohamadou Sumareh 36′); M Syafiq bin Ahmad (M Syamer bin Kutty Abba 82’)

Malaysia
Comments (0)
Add Comment