Verstappen Juara F1 GP Brasil

Jakartakita.com – Pebalap tim Red Bull Racing Max Verstappen keluar sebagai juara F1 GP Brasil 2019 setelah menjadi yang tercepat menuntaskan seluruh 71 putaran dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Interlagos, Sao Paulo, Senin (18/11/2019) dini hari WIB. Pebalap Belanda tersebut finis dalam waktu 1 jam 33 menit 14,678 detik.

Kemenangan yang diraih merupakan yang ketiga bagi Verstappen musim ini, kedelapan di ajang F1.

Verstappen mengawali lomba dari pole position. Pebalap Mercedes Lewis Hamilton menempati P2 di awal lomba usai melewati pebalap Ferrari Sebastian Vettel.

Pada putaran ke-21, Hamilton masuk pitstop. Satu putaran kemudian, giliran Verstappen yang masuk pitstop. Saat keluar pitstop, Verstappen berada di belakang Hamilton. Pada putaran ke-23, Verstappen dapat melewati Hamilton.

Rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, mengalami kerusakan mesin sehingga terhenti di putaran ke-54 dan menyebabkan safety car masuk lintasan. Seusai safety car kembali ke pitstop, Verstappen dapat menempati P1 diikuti Hamilton.

Saat tersisa lima putaran, Vettel bertabrakan dengan rekan setimnya Charles Leclerc. Akibatnya kedua pebalap tidak bisa melanjutkan balapan.

Safety car kembali masuk lintasan, Hamilton masuk pitstop dan berada di P4 di belakang pebalap Toro Rosso Pierre Gasly, pebalap tim Red Bull Racing Alexander Albon, dan Verstappen. Seusai keluar dari pitstop, Hamilton melewati Gasly untuk menempati P3.

Saat tersisa dua putaran, mobil balap yang dikendarai Hamilton berbenturan dengan mobil balap yang dikendarai Albon sehingga mengalami spin. Gasly memanfaatkan keadaan untuk merebut P2.

Gasly finis 6,077 detik lebih lambat dari Verstappen yang keluar sebagai juara, pebalap Perancis itu untuk pertama kalinya naik podium di ajang F1.

Hamilton sebetulnya finis di posisi ketiga, namun akibat menerima penalti lima detik sebagai hukuman membentur Albon ia tercatat finis di peringkat tujuh. Pebalap McLaren Carlos Sainz finis di peringkat tiga.

Hasil balapan di Brasil membawa Hamilton yang memuncaki klasemen pebalap kini mengoleksi 387 poin dari 20 balapan. Balapan F1 musim ini hanya menyisakan F1 GP Abu Dhabi yang berlangsung awal bulan depan.

Bottas di peringkat dua dengan 314 poin, diikuti Verstappen di peringkat tiga dengan 260 poin. Leclerc di peringkat empat dengan 249 poin dan Vettel di peringkat lima dengan 230 poin. Gasly di peringkat enam dengan 95 poin.

balapanf1gp brasilpebalapred bull racing
Comments (0)
Add Comment