Wajib Tahu! 7 Fakta Unik Seputar Bisnis Furnitur Kayu di Indonesia

Jakartakita.com – Furniture kayu merupakan salah satu bidang bisnis yang paling menjanjikan. Bahan baku yang melimpah dan beragam mendukung keberadaan pabrik pintu kayu, kusen, jendela, dan produk furniture lainnya. Bak gayung bersambut, peminat ragam perkakas yang terbuat dari kayu juga sangat tinggi. Bisa dibilang, hampir semua rumah tangga di Indonesia menggunakan perabotan dari kayu.

Fakta Unik Seputar Bisnis Furnitur Kayu di Indonesia

Di tengah bisnis kerajinan berbahan dasar kayu yang terus menggeliat, pernahkah Anda penasaran dengan berbagai fakta unik tentang bidang yang satu ini. Tak sekadar sebagai pembuat maupun pengguna, ada banyak wawasan yang menarik untuk diulik seputar usaha di bidang perkayuan. Mari simak uraian berikut ini untuk informasi selengkapnya seputar bisnis furnitur kayu.

Sejarah Bisnis Furnitur Kayu

Bisnis semacam ini sudah ada sejak zaman prasejarah, dan terus mengalami perkembangan yang stabil hingga kini. Jepara merupakan salah satu pusat furnitur berbahan kayu yang paling terkenal dari Indonesia, karena keunggulan seni ukirannya. Meski begitu, ada banyak pengrajin yang tersebar di seluruh Indonesia, di mana mereka berkonsentrasi dalam pembuatan pintu kayu, meja, kursi dan perabotan lainnya untuk kebutuhan lokal maupun diekspor ke luar negeri.

Karakteristik Furnitur Kayu

Kayu bukanlah satu-satunya bahan yang digunakan untuk bahan dasar perabot rumah tangga. Meski begitu, kayu hingga kini masih banyak dimanfaatkan karena sifatnya yang kuat, mudah dibentuk, serta masa pakainya yang bisa hingga bertahun-tahun. Kayu jenis tertentu bahkan memiliki karakteristik yang kokoh sehingga kerap digunakan sebagai penopang bangunan. Ada pula kayu yang tahan terhadap serangan rayap dan serangga perusak lainnya.

Sentuhan Alami dalam Desain Interior

Dengan teknik tertentu, furnitur kayu bisa memberikan kesan artistik, sehingga mendukung nuansa alami dan elegan untuk desain interior di ruangan-ruangan tertentu. Bahan baku yang berasal dari pohon ini juga memiliki spektrum warna yang khas, serta bisa memberikan efek yang luar biasa dalam pencahayaan yang berbeda.

Kayu jenis tertentu bahkan bisa menambah kesan mewah ketika diolah dengan terampil. Di tengah penatnya kehidupan di perkotaan, pembuatan custom furnitur kayu bisa membangkitkan kembali kesan damai, bahkan semangat alami yang datang dari alam. Di antara jenis kayu yang masuk kategori mewah adalah jati dan merbau.

Bahan Baku Terjangkau dan Ramah Lingkungan

Bisnis furnitur kayu hingga kini tak kunjung redup, karena bahan bakunya masih berlimpah, serta penggunaannya ramah lingkungan. Saking pentingnya keberlanjutan bisnis yang satu ini, pemerintah mengawal langsung produksi kayu yang harus tetap mendukung kelestarian hutan. Semua unit bisnis harus menggunakan kayu-kayu yang bersertifikat legal sehingga bisnis furnitur tidak merusak hutan.

Di sisi lain, semua produk furniture berbahan dasar kayu tidak menimbulkan limbah sedikit pun. Produk bahkan bisa diperbaharui, atau jika harus dibuang, ini tidak akan berdampak pada pencemaran lingkungan. Sebagai contoh, kayu gaharu untuk furniture lebih ramah lingkungan ketimbang Anda menggunakan perabot serupa dari bahan plastik.

Tersedia Berbagai Model dan Ukiran

Bisnis kerajinan kayu yang menjanjikan membangkitkan persaingan yang positif di antara pelakunya. Karakter kayu yang mudah dibentuk dan diukir membuat produsen berlomba-lomba membuat karya terbaik dengan standar kualitas tertentu. Tidak jarang pengrajin atau pabrik pintu kayu yang mempersilakan konsumen untuk mengajukan pembuatan custom furniture untuk menghasilkan produk yang eksklusif.

Harga yang Bervariasi

Ada berbagai jenis kayu yang bisa digunakan untuk bahan baku pembuatan furniture seperti pintu kayu, lemari, kursi, meja dan yang lainnya. Anda tidak harus memiliki uang banyak terlebih dahulu, karena pembelian perabot bisa disesuaikan dengan budget. Sebagai contoh, ketika dana terbatas, Anda tetap bisa mendapatkan furnitur berbahan dasar kayu dengan desain yang sederhana, dan jenis kayu yang tidak terlalu kuat.

Agar perabot tidak cepat rusak, Anda bisa melapisinya dengan cairan khusus agar tidak mudah diserang rayap. Sebaliknya, kayu yang berkualitas bagus dengan desain yang kompleks, atau menggunakan ukiran yang rumit, mungkin membuat Anda harus merogoh kocek lebih dalam jika ingin memilikinya.

Pangsa Pasar yang Luas dan Dinamis

Kerajinan berbahan dasar kayu tidak hanya terbatas untuk kepentingan desain interior klasik saja. Penggunaannya justru sangat dinamis dan menyesuaikan dengan desain yang diterapkan pada bahan. Karena itulah, pangsa pasarnya sangat luas, dengan peminat yang sangat dinamis. Tidak heran, pabrik pintu kayu dan rumah produksi furnitur berbahan dasar kayu bertebaran dan masih menjanjikan. Apakah Anda mulai tertarik untuk memulai bisnis di bidang produksi kerajinan berbahan kayu?

Apapun keputusan bisnis yang ingin Anda buat, sangat penting untuk selektif memilih produsen, ketika ingin memiliki koleksi furnitur yang berkualitas, tapi harganya tetap terjangkau.

Jika Anda ingin mengajukan pembuatan custom furniture dari bahan kayu, silakan menghubungi produsen kayu terpercaya, berpengalaman, serta sudah memiliki reputasi yang bagus. Pertimbangkan pula lokasi pabrik sehingga Anda bisa mempertimbangkan ongkos kirim yang harus dibayar ketika melakukan pemesanan furniture kayu secara online.

furnitur kayu
Comments (0)
Add Comment