Yayasan WINGS Peduli, UI & RSUI Resmikan ‘RSUI WINGS Garden’ Sebagai Taman Penyembuhan Alami

foto : istimewa

Jakartakita.com – Yayasan WING Peduli, Universitas Indonesia (UI), dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) menggelar aksi penanaman pohon pertama sebagai peresmian dibangunnya “RSUI WINGS Garden”, yakni taman penyembuhan untuk mendukung percepatan kesembuhan pasien serta menjadi ruang hijau bagi nakes dan keluarga yang berkunjung.

“RSUI WINGS Garden” yang terwujud melalui kolaborasi multisektor ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan.

“Kami berkolaborasi dengan berbagai pihak strategis untuk menghadirkan sarana penunjang kualitas pelayanan kesehatan masyarakat, dalam hal ini RSUI sebagai salah satu rumah sakit yang mengusung konsep hijau. Di samping itu, inovasi “RSUI WINGS Garden” ini juga diharapkan dapat mendukung fasilitas belajar bagi dokter dan akademisi yang terasosiasi dengan salah satu universitas terbesar di Indonesia, yakni UI,” terang Ricky Tjahjono selaku perwakilan Yayasan WINGS Peduli seperti dilansir dalam siaran pers, Rabu (01/2).

“RSUI WINGS Garden” ini nantinya akan menghadirkan nuansa alam yang restoratif, nyaman dan mudah diakses pasien melalui elemen lanskap yang dihadirkan.

Mulai dari bebatuan, aliran air, tanaman kesehatan, hingga fasilitas lainnya seperti aquarium, amphitheater, hingga batu alam berpola untuk area terapi.

Selain itu, “RSUI WINGS Garden” ini juga akan menjadi ruang hijau bagi masyarakat luas sebagai upaya antisipatif menghadapi pemanasan dan perubahan iklim global.

“Kami mengapresiasi Yayasan WINGS Peduli karena memiliki spirit yang sama untuk menghadirkan fasilitas pendukung penyembuhan pasien di RSUI melalui healing garden ini. Nantinya, fungsi dari RSUI WINGS Garden ini akan diintegrasikan dengan pelayanan perangkat klinik, dokter, hingga tenaga kesehatan yang bertugas di RSUI. Kami juga berharap healing garden yang akan selesai dibangun pada pertengahan Juli 2023 ini, bisa menjadi salah satu inovasi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat serta ruang terbuka hijau yang nyaman dengan jumlah lebih dari 32.000 tanaman dari berbagai varietas,” terang Direktur Utama RS Universitas Indonesia, Dr. dr. Astuti Giantini, Sp.PK(K), MPH, di kesempatan yang sama.

Adapun Sekretaris Universitas Indonesia, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D  selaku perwakilan Rektor UI memberikan apresiasi atas terciptanya healing garden tersebut.

“Universitas Indonesia (UI) menyambut baik adanya pembangunan taman pemulihan ini. Semoga taman ini bisa bermanfaat sebagai ruang terbuka hijau yang benar-benar dapat dinikmati oleh pasien, pengunjung, dan juga warga UI. Sebagai RS Pendidikan, semoga taman ini, juga dapat dimanfaatkan sebagai lahan belajar yang nyaman bagi para tenaga kesehatan dan berkolaborasi bersama Rumpun Ilmu Kesehatan menciptakan inovasi di bidang kesehatan,” ujarnya.

RSUI WINGS GardenRumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)taman penyembuhanUniversitas Indonesia (UI)Yayasan WING Peduli
Comments (0)
Add Comment