Verstappen Juara F1 GP Kanada

Jakartakita.com – Pebalap tim Red Bull Racing Max Verstappen keluar sebagai juara F1 GP Kanada 2023 usai menjadi yang tercepat menuntaskan seluruh 70 putaran dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Gilles Villeneuve, Senin (19/6/2023) dini hari WIB. Pebalap Belanda tersebut finis dalam waktu 1 jam 33 menit 58,348 detik.

Kemenangan yang diraih merupakan yang ke-41 bagi Verstappen di ajang F1, yang keenam musim ini. Perolehan kemenangan Verstappen di ajang F1 kini menyamai torehan pebalap legendaris Ayrton Senna.

Verstappen start dari pole position dalam balapan kali ini, diikuti pebalap Haas F1 Team Nico Hulkenberg di posisi kedua dan pebalap Aston Martin F1 Team Fernando Alonso di posisi ketiga. Duo pebalap Mercedes Lewis Hamilton dan George Russell start dari urutan empat dan lima.

Hamilton langsung tancap gas saat start dan menempati posisi kedua di tikungan pertama. Virtual safety car diberlakukan pada putaran kedelapan usai pebalap Williams Logan Sargeant mengalami kerusakan mesin.

Safety car masuk lintasan pada putaran ke-12 setelah Russell menghantam dinding pembatas lintasan yang menyebabkan kerusakan pada sayap depan mobil balap yang dikendarainya. Russell dapat meneruskan lomba dengan menempati posisi paling belakang.

Hamilton dan Alonso nyaris bertabrakan saat masuk pitstop pada putaran ke-13. Saat keluar pitstop, mereka masih menempati posisi kedua dan ketiga.

Pada putaran ke-22, Alonso dapat merebut posisi kedua dari Hamilton. Pada putaran ke-43, Hamilton, Alonso, dan Verstappen masuk pitstop.

Russell masuk pitstop pada putaran ke-55 dan tidak bisa melanjutkan lomba akibat kerusakaan pada rem. Ia sebetulnya menempati posisi kedelapan.

Verstappen pada akhirnya menjadi pebalap pertama yang menuntaskan seluruh 70 putaran. Alonso menjadi runner-up balapan kali ini, sedangkan Hamilton melengkapi podium dengan finis di peringkat ketiga.

balapanf1gp kanadajuarared bull racingsirkuit gilles villeneuveverstappen
Comments (0)
Add Comment