LAKI Bersama Sandy Tumiwa dan Vista Putri Gelar Rakernas Ke-16 Dengungkan Anti Korupsi

Jakartakita.com – Untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja pengurus seluruh Indonesia, Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) gelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke 16 dengan tema “Peningkatan dan Penguatan Wawasan Investigasi Menuju Profesionalisme SDM LAKI”.

Pasalnya, Rakernas kali ini ada bergabungnya dua artis beken, Sandy Tumiwa dan artis cantik, Vista Putri.

Dimana Rakernas ke 16 ini selain ada gebrakan baru di dunia anti korupsi di Indonesia, juga di warnai pendatang baru beberapa artis sinetron dalam beberapa Organisasi Sayap LAKI.

Burhanudin Abdullah selaku ketua umum LAKI mengatakan, “Selain artis Sandy Tumiwa dan Vista Putri nantinya akan banyak bergabung artis-artis lainnya yang kebetulan dalam organisasi Ikatan Cendikiawan Anti Korupsi (ICAK). Ini merupakan salah satu organisasi sayap organisasi ini untuk memperkuat kiprah organisasi. Kemudian terdapat beberapa mantan pejabat setingkat Kementerian juga menyatakan kesediannya untuk bergabung serta masyarakat diseluruh Indonesia. Hal itu kata Burhan menjadi kebanggaan dalam mendukung program pemerintah dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi tidak di ragukan.

Foto: Jakartakita.com/Edi Triyono

Rakernas 2023 ini diikuti oleh 34 DPD Tingkat Provinsi dan 300 DPC Tingkat Kabupaten dan Kota serta sekitar 50 dari Koordinator Kecamatan atau Desa/Lurah se Indonesia. Selain itu, LAKI sudah berdiri lama dan sudah berkontribusi sebagai mitra pemerintah, Kepolisian, Kejagung serta KPK,” ucap Burhanudin dalam jumpa pers di Asrama Haji, Jakarta Timur, Senin (22/8).

16 tahun kita sebagai mitra pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Kontribusi kita di sini, seperti melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan korupsi, sosialisasi UU anti Korupsi, serta pelaporan-pelaporan yang sudah kita lakukan,” terangnya.

Dalam rekernas kali ini, pihaknya akan evaluasi kerja dan mendorong untuk dilakukan revisi UU Anti Korupsi. “Biar dalam UU juga diatur klasifikasi-klasifikasi beserta hukumannya bagi pelaku korupsi,” kata Burhanudin.

Sementara itu artis Vista Putri yang menjabat sebagai Sekjen, mengatakan dirinya bergabung dalam Ikatan Cendekiawan Anti Korupsi alias ICAK yang merupakan organisasi sayap LAKI, awalnya niatnya ingin ikut berperan dalam memberantas korupsi. Namun sejalan dengan waktu, pesinetron religi ini akan mendengungkan anti korupsi secara serius jika ia bisa duduk di bangku DPRD Jakarta.

Ya kita sebagai anak bangsa ingin negara kita bebas dari korupsi. Maka di sini saya ingin ikut aktif dalam pencegahan korupsi,” ungkap Vista.

Hal yang sama juga dikatakan Sandy Tumiwa. Menurutnya sebagai orang beriman ini adalah amanah. “Semua disini berkumpul, kita berusaha menjalankan amanah agar bebas dari korupsi. Bila semua kita amanah, maka negara kita juga akan bebas dari korupsi,” kata Sandy Tumiwa.

Rakernas ke XVI LAKI, Soroti Revisi UU Tipikor Untuk Efek Jera Pelaku Koruptor di Indonesia

Kegiatan Rakernas dilaksanakan pada 22-24 Agustus Tahun 2023 di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur dengan dihadiri Pengurus tingkat DPD, DPC, Organisasi sayap, Hingga kordes LAKI se Indonesia. Selanjutnya Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) ke XVI tahun 2023 secara resmi dibuka Staf Dirjen Kemendagri Hartono, SH.

Dalam hal ini, Burhanudin Abdullah SH selaku Ketua Umum Laskar Anti Korupsi Indonesia menyampaikan bahwa legiatan di laksanakan juga sebagai salah satu langkah evaluasi terhadap kinerja Pemerintah dan kinerja Aparat Penegak Hukum, yang tentunya dalam rangka pemberantasan dan pecegahan korupsi di Indonesia.

“Kegiatan dihadiri langsung oleh seluruh pengurus LAKI se Indonesia, dan ini merupakan salah satu upaya membantu program pemerintah dalam memberantas dan mencegah tindak pidana korupsi guna mewujudkan Indonesia yang bebas korupsi,” kata Burhanudin.

Selain itu, Ketua Umum LAKI menyampaikan bahwa beberapa agenda dalam Rakernas diantaranya membahas dan melakukan evaluasi terhadap organisasi secara initernal, membahas serta evaluasi terhadap kinerja pemerintah, dan membahas serta mengevaluasi Kinerja Aparat Penegak Hukum terkait pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Sering muncul pertanyaan mengapa Korupsi di Indonesia sulit diatasi, karena ada UU yang memang harus di revisi. Maka kita berharap nanti ada point UU mengenai Tindak Pidana Korupsi di revisi agar dapat memberi efek jera bagi pelaku Tindak Pidana Korupsi. Selain itu revisi masalah tempat tahanan terpidana Korupsi.” Tegasnya.

Burhanudin Abdullah juga mengungkapkan bahwa Rakernas LAKI ke XVI menurutnya sangat berbeda dengan kegiatan Rakernas sebelumnya. Dimana Rakernas LAKI ke XVI ini, lanjut Burhanudin, di warnai bergabungnya beberapa artis sinetron, kemudian pelantikan 10 Organisasi Sayap.

“Saya berharap dari Rakernas tahun 2023 ini akan melahirkan buah pikiran anak bangsa yang bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia, dan mampu memperkecil ruang gerak koruptor untuk tidak melakukan Korupsi demi terwujudnya Indonesia yang bebas korupsi.” Harapnya.
Sementara itu Staf Dirjen Kemdagri Hartono, SH mengapresiasi atas terlaksananya Rakernas LAKI ke XVI tahun 2023.

“Kita mengapresiasi LAKI dalam upaya melakukan pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi. Pemerintah sekuat apapun, tetap membutuhkan partisipasi masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi,” bebernya.

Untuk diketahui, pembukaan Rakernas LAKI ke XVI dilaksanakan pelantikan 10 organisasi sayap LAKI seperti: LBH PTKI, LBH Pertanahan, Relawan LAKI, LAKI Lawyer Club, Tani Nelayan dan Buruh Anti Korupsi, Garda Peduli Pemulung Anti Korupsi, Ikatan Cendikiawan Anti Korupsi, Perempuan Anti Korupsi, Mahasiswa Gempur Korupsi dan Leader Anti Korupsi Muda Indonesia. (Edi Triyono)

Anti Korupsi
Comments (0)
Add Comment