Take a fresh look at your lifestyle.

Berbahayakah Kebiasaan Menahan Kencing?

0 957

imagesJakartakita.com – Keinginan untuk buang air kecil terkadang diabaikan oleh sebagian orang ketika berada di kondisi tertentu yang tak memungkinkan ke toilet. Misalnya, terlalu sibuk di meja kerja atau tengah berada di perjalanan. Pertanyaannya, berbahayakah kebiasaan tersebut?

“Tentunya bahaya ya, karena kan menahan pipis kalau keseringan bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Kalau pada wanita, keseringan menahan kencing ini bisa bikin anyang-anyangan, sakit, dan air kencing jadi berwarna merah karena ada infeksi,” tutur dr Harrina Erlianti Rahardjoo, SpU, PhD, staf Departemen Urologi FKUI/RSCM, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, kandung kemih rata-rata memiliki kapasitas menampung urine sekitar 0,4 liter dan ketika seseorang menahan buang air kecil, maka kandung kemih akan melakukan mekanisme seperti halnya melar atau meregang.

Selain itu, semakin lama menahan kencing, kandung kemih menjadi tempat bersarangnya bakteri. Bakteri inilah yang dapat menyebabkan infeksi yang dapat menyebar ke ginjal dan kemungkinan menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada tubuh.

Related Posts
1 daripada 1,953

Namun dr Harrina menyarankan untuk tidak mengurangi minum, terlebih jika ingin bepergian jauh. Justru dengan minum dapat mengurangi infeksi dan membersihkan organ ginjal.

“Kan sudah dianjurkan minum 8 gelas sehari. Nah, makannya kalau sebelum bepergian jangan malas untuk buang air kecil dulu supaya enggak kebelet nanti pas macet. Jangan mikir nanti aja deh,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Benjamin Brucker, ahli urologi dari Amerika. Dia mengatakan, resiko terburuk dari kebiasaan menahan pipis adalah infeksi yang akan terjadi pada saluran kemih. Maka dari itu, ia menyarankan jangan pernah menahan pipis apabila Anda benar-benar punya waktu untuk ke toilet.

Menurut dia, infeksi yang terjadi pada saluran kemih akan menyebabkan seseorang selalu merasa ingin kencing melebihi batas normalnya dan tentu saja ini sangat berbahaya. Selain itu, sering menahan kencing juga bisa menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran kemih karena bakteri.

 

Tinggalkan komen