Solar Impulse-2, Pesawat Tenaga Surya Berkeliling Dunia

foto : istimewa

Jakartakita.com – Upaya pemecahan rekor terbang keliling dunia sedang dilakukan pesawat bertenaga surya bernama Solar Impulse-2.

Upaya tersebut dimulai dengan lepas landas dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Senin (9/3). Pesawat itu kini dalam perjalanan menuju ibu kota Oman, Muscat. Setibanya nanti disana, pesawat tersebut akan bertolak ke India, Cina, dengan melintasi Samudera Pasifik menuju Hawaii, Amerika Serikat.

Setelah singgah di beberapa kota di AS, Solar Impulse-2 akan melanjutkan perjalanannya dengan menyeberangi Samudera Atlantik menuju Eropa selatan dan Afrika Utara dan kembali lagi ke Abu Dhabi.

Disaat menerbangkan Solar Impulse-2, pilot dan co-pilot yang membawa pesawat ini, André Borschberg dan Bertrand Piccard, mengaku hanya tidur 20 menit saja. Tidak hanya itu, mereka pun harus beradaptasi dengan ketidaknyamanan mengingat kokpit yang mereka tempati berukuran hanya 3,8 kubik meter saja, atau setara dengan sebuah box telepon umum.

Pesawat Solar Impulse-2 yang berbobot 2,3 ton ini pun dilengkapi dengan peranti keselamatan khusus laut yang memadai, yang apabila nanti terjadi kecelakaan, memungkinkan Borschberg dan Piccard bisa bertahan sampai mereka diselamatkan kapal penolong nanti.

Sebagai info, Borschberg adalah mantan pilot angkatan udara Swiss dan insinyur terlatih. Sementara Piccard, pernah tercatat didalam buku rekor sebagai seorang pengendara balon udara yang telah berkeliling dunia pada tahun 1999.

André BorschberBertrand Piccarkeliling duniamuscatomanpesawat tenaga suryapilotsolar impulse-2