Hadapi Persaingan Global, Transformasi Akuntan Indonesia Diperlukan

Jakartakita.com – Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan dimulai akhir tahun ini akan memberikan tantangan tersendiri bagi Indonesia di kancah persaingan internasional. Apalagi Indonesia yang kini juga menjadi anggota G-20 memiliki ukuran ekonomi yang besar dan harus dikelola secara profesional.

Oleh karena itu, pengembangan kapasitas dan profesionalisme dalam regenerasi dan kaderisasi akuntan Indonesia sangat penting untuk diwujudkan, seiring dengan cepatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia dewasa ini. Hal ini diungkapkan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, saat membuka acara Dialog PPAk Ikatan Akuntan Indonesia di Jakarta, Senin (6/4/2015).

Mardiasmo berharap, para dosen dan trainers yang membantu mendidik dan memberikan bekal bagi para mahasiswa sebagai calon akuntan Indonesia masa depan memegang paradigma bahwa Indonesia telah masuk ke dalam era globalisasi, dan dapat memberikan wawasan global kepada para mahasiswa. “Transformasi akuntan Indonesia menghadapi persaingan global harus betul-betul diberikan kepada mahasiswa,” ujarnya.

Selain itu, Mardiasmo juga berpesan kepada IAI sebagai organisasi profesi akuntan Indonesia untuk mempersiapkan dan meningkatkan kapabilitas akuntan Indonesia agar dapat memiliki kualitas tinggi dan berstandar internasional. “Melalui pengelolaan profesi yang maksimal dan berkelanjutan serta pengembangan kompetensi akuntan yang terarah, IAI harus menjadi sandaran profesionalisme para akuntan Indonesia” pungkasnya.

akuntanakuntansiglobalProfesitransformasi
Comments (0)
Add Comment