Wuaduuh…Toyota dan Nissan Tarik 6,5 Juta Produknya!

foto : istimewa

Jakartakita.com – Dua brand besar di industri otomotif dunia, Toyota dan Nissan hari Rabu (13/5/2015) ini mengumumkan, telah menarik sekitar 6,5 juta kendaraan di seluruh dunia menyusul babak baru krisis letupan kantong udara (air bag) yang dikaitkan dengan paling sedikit lima kasus kematian.

Pihak Toyota mengatakan, lima juta kendaraan yang ditarik kembali itu meliputi 35 model yang diproduksi secara global antara Maret 2003 sampai November 2007.

Sedangkan Nissan me-recall 1,56 juta kendaraan di seluruh dunia karena masalah air bag yang dibuat oleh pemasoknya, Takata. Recall Nissan juga meliputi mdoel-model produksi 2004 sampai 2008.

“Ini akan berdampak terhadap banyak pasar kami, termasuk Jepang, Eropa dan Amerika Utara,” kata juru bicara Nissan, seperti dilaporkan AFP, Rabu (13/5/2015).

“Mungkin ada banyak faktor, (namun) kami melihat risiko bahwa selubung metal untuk inflator (pengembang) bisa tidak berfungsi,” sambung laporan tersebut.

Namun demikian, kedua perusahaan menyatakan tidak ada laporan kematian atau cedera yang berkaitan dengan recall terakhir yang berhubungan dengan air bag.

Sebelumnya diberitakan, paling sedikit lima kematian telah dikaitkan dengan cacat ini, dengan salah satu kematian yang menimpa seorang wanita di AS yang awalnya diinvestigasi sebagai pembunuhan mengingat luka-lukanya yang mengerikan.

Skandal itu membuat Takata yang berbasis di Jepang –salah satu pemasok air bag terbesar di dunia– diterjang gugatan hukum dan diselidiki pihak berwenang.

 

air bagNissanotomotifre-callToyota
Comments (0)
Add Comment