Apa kabar Sea World?

foto: istimewa

Jakartakita.com – Hampir sembilan bulan wahana biota laut di Ancol, Sea World, belum dibuka untuk umum. Meski sebelumnya diberitakan Sea World akan mulai beroperasi di bulan Mei ini. Namun,  juru bicara PT Pembangunan Jaya Ancol, Metty Yan Harahap, justru membantah hal tersebut.

Tutupnya Sea World, berawal dari kekisruhan kontrak antara PT Pembangunan Jaya Ancol, pengelola Ancol, dan PT Sea World Indonesia, pengelola Sea World, pada 29 September 2014. Musababnya, kontrak dengan sistem build operate transfer (BOT) yang dimulai sejak 1994 berakhir pada 2014.

Dalam perjanjian itu, Ancol hanya mendapatkan royalti 5 persen dari penjualan tiket dan 6 persen dari penjualan makanan di Sea World. Pada 2014, Ancol mendapat Rp 1,69 miliar dari Sea World. Angka itu hanya 0,35 persen dari total pendapatan Ancol yang mencapai Rp 488,1 miliar di 2014.

Pada 13 Februari 2015, kisruh itu hampir berakhir. Berdasarkan akta serah terima nomor 36 Notaris Kumala Tjahjani, Sea World pun menyerahkan seluruh asetnya kepada Ancol. Bagian keuangan dan kurator langsung menghitung aset. Karena Sea World berencana akan segera di buka akhir Maret 2015, kemudian Mei 2015. Dan kini kabar itu malah semakin simpang siur. Belum jelas kapan masyarakat bisa menikmati kembali wahana biota laut di Ancol.

 

AncolPembangunan Jaya Ancolsea world
Comments (0)
Add Comment