Umat Budha Aceh Galang Bantuan untuk Pengungsi Rohingya

foto: afp

Jakartakita.com – Rupanya konflik agama di negara asal pengungsi Rohingya, di Myanmar tidak menjadikan halangan bagi warga Indonesia dari berbagai latar belakang agama untuk ikut membantu. Buktinya,  relawan Budha  Indonesia sengaja datang ke tempat pengungsian sementara imigran Rohingya dengan beberapa mobil dan bus, di mobil mereka terpasang bendera bertulis Budha Tzu Chi. Relawan dari umat Buddha itu membawa obat-obatan serta tenaga medis.

Para relawan Budha ini berasal dari perkumpulan umat Budha Aceh. Mereka ikut menggalang dana untuk  muslim Rohingya di sejumlah daerah, seperti di Kabupaten Aceh Tamiang, Kota Langsa, Kota Banda Aceh, dan lainnya. Rencananya, pada bulan Juli mendatang, para tokoh Budha Aceh dan ribuan jemaat Budha akan melakukan penggalangan dana untuk muslim Rohingya.

Seperti dilansir dari Antara, Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Wisamada, di Banda Aceh, Jumat (29/5/2015) sangat menyesalkan tindakan pemerintah Myanmar yang menyebabkan eksodus besar-besaran warga muslim Myanmar, Rohingya.

Wisamada pun menegaskan bahwa jemaat Budha Aceh sengaja membantu dengan alasan kemanusiaan. Perbedaan agama tidak membuat orang harus saling membenci.

AcehBudharohingya
Comments (0)
Add Comment