Ini Dia Tanggapan Para Tokoh Sepakbola Internasional Terhadap Mundurnya Blatter

Jakartakita.com – Mundurnya Sepp Blatter dari jabatan Presiden FIFA mengundang berbagai tanggapan dari para tokoh sepakbola internasional. Berikut beberapa diantaranya:

Michel Platini, Presiden UEFA

“Itu keputusan sulit dan berani, serta tepat.” Demikian kata Platini seperti dilansir ESPN Soccer, Rabu (3/6/2015). Sebelum kongres FIFA berlangsung pekan lalu, ia meminta anggota UEFA untuk tidak memilih Blatter.

Pangeran Ali Bin Al Hussein, kandidat Presiden FIFA

“Kita harus memikirkan masa depan. Saya siap melaksanakan keinginan perubahan asosiasi-asosiasi sepakbola di dunia,” ungkapnya dalam wawancara dengan CNN. Pangeran Ali dari Yordania kalah dalam pemilihan awal Presiden FIFA dari Sepp Blatter. Ia lalu mengundurkan diri dari pemilihan.

Luis Figo, mantan pemain sayap Portugal yang sempat menjadi kandiat Presiden FIFA

“Hari yang baik untuk FIFA dan sepakbola. Perubahan akhirnya datang,” tulis Figo dalam akun Facebooknya.

Michael van Praag, Ketua Asosiasi Sepakbola Belanda yang juga sempat menjadi kandidat Presiden FIFA

“Saya menginginkan adanya perubahan dalam FIFA dan pengunduran diri Blatter menjadi langkah besar menuju arah yang benar.”

Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach

“Kami sangat menghormati keputusan Blatter untuk mundur dan memulai reformasi yang diperlukan, sera membuka jalan bagi pemimpin baru FIFA melakukan perubahan ini.”

Greg Dyke, Ketua Asosiasi Sepakbola (FA) Inggris

“Kenapa mundurnya tidak pekan lalu? Sudah jelas ada yang melakukan pelanggaran. Ia bertahun-tahun kurang dihormati. Kini dia mundur, ayo kita rayakan.” FA Inggris sempat ingin menggulirkan agenda boikot Piala Dunia 2018 bila Blatter terpilih.

Noel Le Graet, Ketua Asosiasi Sepakbola Perancis

“Platini masih kandidat favorit saya. Saya selalu mengatakan hal itu.” Le Graet sempat mengabaikan saran Platini dan memilih Blatter dalam kongres FIFA.

Sunil Gulati, Ketua Asosiasi Sepakbola Amerika Serikat

“Saya memuji keputusannya (Blatter) untuk mengedepankan FIFA daripada kepentingan pribadi. Ini adalah langkah awal dari reformasi bermakan dalam FIFA. Hari ini merupakan hari dimulainya rasa optimisme akan organisasi internasional dari sepakbola, olahraga yang kita semua cintai.” Gulati dari awal telah menunjukkan dukungannya terhadap terpilihnya Pangeran Ali sebagai Presiden FIFA yang baru.

Vitaly Mutko, Menteri Olahraga Rusia yang juga anggota komite eksekutif FIFA

“Bagi saya, pengunduran diri Blatter adalah kejutan besar.”

 

blatterfifafigopangeran aliplatinisepakbolauefavan praag
Comments (0)
Add Comment