Lewat Laga ‘Panas’, Chile Melenggang ke Semifinal Copa America 2015

foto: espn

Jakartakita.com – Chile melenggang ke semifinal Copa America 2015 setelah dalam pertandingan perempat final yang berlangsung di Estadio Nacional de Chile, Kamis (25/6/2015) pagi WIB, meraih kemenangan tipis 1-0 atas Uruguay. Gol tunggal Mauricio Isla pada menit ke-81 menjadi penentu kemenangan Chile atas juara bertahan Copa America tersebut.

Hasil bagus yang diraih Chile tidak diraih dengan mudah, karena laga kontra Uruguay berlangsung ‘panas’. Beberapa kali terjadi keributan antar pemain. Uruguay bahkan harus menyelesaikan laga dengan sembilan pemain.

Edinson Cavani yang ayahnya baru saja menyebabkan kecelakaan yang menewaskan seorang pemuda di Uruguay harus meninggalkan permainan setelah menerima kartu kuning kedua yang berujung kartu merah pada menit ke-63 karena menampar Gonzalo Jara. Kartu kuning pertama diterimanya karena mendorong asisten wasit dengan bahunya pada menit ke-29.

Sedangkan pemain Uruguay lainnya yang juga harus meninggalkan laga sebelum waktunya adalah bek Jorge Fucile. Ia menerima kartu kuning kedua pada menit ke-88 yang berujung kartu merah karena mengasari pemain bintang Chile, Alexis Sanchez. Kartu kuning pertama diterimanya pada menit ke-40.

Dalam pertandingan di stadion nasional kebanggan rakyat Chile, tim tuan rumah mendominasi jalannya babak pertama. Serangan demi serangan diluncurkan Chile yang dimotori Sanchez dan Arturo Vidal. Sedangkan Uruguay hanya sesekali mampu memberikan ancaman. Beberapa kali permainan sempat terhenti karena keributan antar pemain yang dipicu pelanggaran. Laga babak pertama berakhir tanpa gol.

Di babak kedua, Chile tetap mendominasi jalannya pertandingan. Setelah Uruguay harus bermain dengan 10 pemain karena diusirnya Cavani, serangan tuan rumah makin menjadi.

Hasilnya, Isla mencetak gol penentu kemenangan sembilan menit sebelum waktu normal usai lewat sebuah tendangan keras dari dalam kotak penalti Uruguay setelah menerima umpan Jorge Valdivia.

Uruguay kemudian cenderung bermain kasar, dan puncaknya Fucille diusir dari lapangan sekitar dua menit sebelum waktu normal usai karena mengasari Sanchez. Kejadian ini memicu keributan antar pemain dan membuat pertandingan harus berjalan lebih lama dari seharusnya. Peluit panjang baru dibunyikan wasit pada menit 90+8.

 

Susunan Pemain

Chile

1 Claudio Bravo ; 2 Eugenio Mena, 4 Mauricio Isla, 17 Gary Medel, 18 Gonzalo Jara ; 7 Alexis Sánchez, 8 Arturo Vidal, 10 Jorge Valdivia (16 David Pizarro 85’), 20 Charles Aránguiz, 21 Marcelo Díaz (14 Matías Fernández 71’) ; 11 Eduardo Vargas (9 Mauricio Pinilla 71’)

Uruguay

1 Fernando Muslera ; 2 José Giménez, 3 Diego Godín, 4 Jorge Fucile, 16 Maxi Pereira ; 5 Carlos Sánchez (22 Jonathan Rodriguez 85’), 7 Cristian Rodríguez, 17 Egidio Arévalo, 20 Álvaro González ; 9 Diego Rolan (8 Abel Hernández 58’), 21 Edinson Cavani

chilecopa america 2015pertandingansepakbolauruguay
Comments (0)
Add Comment