Jangan Coba-Coba Masukkan Benda-Benda Ini ke Dalam Microwave!

foto: istimewa

Jakartakita.com – Keberadaan microwave bagi kaum urban di kota besar menjadi peralatan wajib. Tak hanya menghiasi dapur rumah, microwave kadang juga ada di pantry kantor. Pasalnya, alat ini tak hanya praktis untuk menghangatkan makanan, namun juga bisa digunakan untuk memasak makanan.

Meskipun praktis untuk penghangat. Bukan berarti semua jenis bahan bisa dimasukkan ke dalam microwave ya! Seperti dilansir dari Good Housekeeping, sebaiknya Anda tidak coba-coba memasukkan 7 barang ini ke dalam microwave untuk alasan apapun. Barang apa sajakah itu? Ini daftarnya!

1. Spons kering
Spons cuci piring Anda basah? Jangan coba-coba mengeringkannya di dalam microwave ya! Pasalnya, spons adalah satu barang yang menyimpan berjuta bakteri. Ide untuk mengeringkan spons untuk mensterilkan kuman di dalam microwave adalah ide buruk. Spons justru akan memicu bahaya kebakaran akibat percikan api di dalam microwave.

2. Wadah makanan mengandung logam
Sebelum memasukkan makanan ke microwave, Anda perlu memperhatikan pula wadah yang Anda gunakan. Wadah makanan dengan logam perlu dihindari karena akan memicu api.

3. Telur dengan kulit utuh
Mungkin Anda berpikir telur Anda bisa menjadi telur rebus dengan memasukkannya ke dalam microwave. Namun, kulit telur yang utuh akan membuat uap dari dalam telur tak bergerak dan telur bisa muncrat. Hal ini bisa dihindari dengan memecahkan sedikit kulit telur.

4. Alumunium foil
Benda ini dapat menghambat energi microwave sehingga bukan benda yang baik dimasukkan ke dalam microwave. Kalaupun mau digunakan, pastikan Anda memakai sesedikit mungkin seperti hanya di pojok wadah makanan, dan sebagainya.

5. Wadah plastik
Wadah plastik yang tidak bertulisan “micowave safe” tidak aman dimasukkan ke microwave karena akan membuatnya meleleh dan terbakar.

6. Wadah kertas
Kertas pembungkus makanan yang berwarna cokelat sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam microwave karena akan memicu api.

7. Pakaian
Pakaian favorit Anda masih basah? Jangan coba-coba berpikir memasukkan pakain ke dalam microwave bisa membuatnya kering dan siap pakai. Bukannya kering, pakaian Anda malah terbakar di dalam.

Good Housekeepingkebakaranmicrowave
Comments (0)
Add Comment