Indonesia Resmi Bergabung ke International Energy Agency

foto : istimewa

Jakartakita.com – Indonesia resmi bergabung ke dalam International Energy Agency (IEA) yang merupakan organisasi negara-negara penghasil energi terbarukan di bawah naungan Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan, tujuan utama Indonesia bergabung dalam IEA adalah untuk menjamin pasokan energi nasional dengan menjalin kemitraan secara internasional.

Bergabungnya Indonesia di IEA melengkapi keanggotaan sebelumnya di Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC), yang merupakan komunitas penghasil minyak bumi.

“Keuntungannya kita akan terekspose, akan bergaul, berinteraksi dengan dua komunitas yang sama-sama kuat di (energi) fosil maupun di energi terbarukan. Sementara kita kan memang masih ada dipertengahan itu,” katanya di Istana Negara, Jumat (20/11/2015) kemarin.

“Kita masuk ke dalam kelompok yang disebut sebagai associate member bersama dengan China, Meksiko, dan Chili,” sambung Said.

Ia juga melihat, peluang investasi yang cukup besar untuk bisa dijajaki Indonesia kedepannya. Pasalnya, Indonesia memiliki sumber daya energi terbarukan yang cukup besar dan belum di manfaatkan dengan optimal.

“Anda bayangkan kita punya potensi 300 ribu Megawatt (MW) yang masih belum digali secara serius dan itu ‘PR’ kita bersama,” tandasnya.

 

International Energy Agency (IEA)Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)negara penghasil energi terbarukanOrganisation for Economic Cooperation and Development (OECD)Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC)sudirman said
Comments (0)
Add Comment