Ini Dia Daftar Bank yang Punya Layanan Tabungan Simpel

foto: istimewa

Jakartakita.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan tabungan khusus pelajar bernama Simpanan Pelajar (SimPel). Berbeda dari produk tabungan konvensional yang biasa diterbitkan untuk anak, dalam tabungan Simpel, orangtua tidak perlu mewakili sang anak sebagai pemilik rekening. Anak dapat memiliki rekening atas namanya sendiri.

Untuk bisa rekening SimPel, sekolah dan perbankan pertama-tama harus menjalin kerjasama. Selanjutnya, siswa bisa melakukan registrasi pendaftaran tabungan SimPel pada fasilitas bank mobile yang beroperasi di masing-masing sekolah.

Pejalar hanya mengisi sedikit persyaratan. Karena belum punya KTP, maka pelajar bisa memanfaatkan Kartu Pelajar. Rekening SimPel sangat menguntungkan pelajar karena setoran sangat ringan yakni Rp 5.000.

Kemudian, pelajar bisa menabung atau menyetor minimal Rp 1.000. Selain memperoleh buku tabungan dan kartu ATM, tabungan SimPel juga bebas biaya administrasi bulanan. Pelajar bisa menabung melalui bank mobile atau datang langsung ke bank.

Untuk memonitor pengelolaan tabungan, pelajar hanya diperbolehkan menarik maksimal 4 kali dalam sebulan.

Berdasarkan data yang diakses dari laman resmi OJK, hingga 24 November 2015, sudah ada sekitar 26 bank yang menyediakan produk tabungan Simpel. Dari jumlah tersebut, 15 bank merupakan bank konvensional dan 11 adalah bank syariah.

Bank konvensional yang menyediakan tabungan Simpel meliputi Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Central Asia (BCA), Bank Negara Indonesia (BNI), BPD Jatim, BPD Kalimantan Selatan, BPD NTB, BPD Riau Kepri, BPD Sumselbabel, Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Permata, BPD Jabar dan Banten (BJB), BPD Jambi, dan Bank Panin.

Adapun bank syariah meliputi Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BCA Syariah, BNI Syariah, Bank Panin Syariah, Bank Victoria Syariah, Bank Syariah Bukopin, BJB Syariah, Bank Mega Syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) BPD Jambi, dan BPRS Al-Salaam.

Bank Central Asia (BCA)Bank MandiriBank Mega SyariahBank Negara Indonesia (BNI)Bank PaninBank Panin SyariahBank PermataBank Rakyat Indonesia (BRI)Bank Syariah BukopinBank Syariah MandiriBank Tabungan Negara (BTN)Bank Victoria Syariahbca syariahBJB SyariahBNI SyariahBPD Jabar dan Banten (BJB)BPD JambiBPD JatimBPD Kalimantan SelatanBPD NTBBPD Riau KepriBPD SumselbabelBPRS Al-SalaamBRI SyariahOJKSimpel iBTabungan SimpelUnit Usaha Syariah (UUS) BPD Jambi
Comments (0)
Add Comment