Ini Sebab Wanita Sering Pipis

foto: istimewa

Jakartakita.com – Buang air kecil secara teratur penting untuk kesehatan tubuh. Namun terlalu sering buang air kecil juga bukan pertanda yang baik. Anda bisa dikatakan memiliki frekuensi buang air kecil yang terlalu sering jika merasa ingin buang air kecil setiap dua jam sekali atau lebih. Tentu saja ini bikin repot dan bisa mengganggu aktivitas Anda.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa frekuensi buang air kecil menjadi tak wajar pada wanita, seperti dilansir oleh Mag for Women

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih terjadi ketika bakteri masuk ke kandung kemih melalui uretra. Infeksi dapat terjadi karena banyak alasan, seperti diabetes, penggunaan antibiotik yang berlebihan, penyakit menular seksual, operasi atau pakaian kotor, serta air. Ketika terserang infeksi ini, buang air kecil akan terasa sangat menyakitkan. Jadi, langsung kunjungi dokter untuk diobati.

Kandung kemih terlalu aktif

Kandung kemih terlalu aktif adalah alasan lain wanita sering buang air kecil. Kandung kemih terlalu yang terlalu aktif dapat menyebabkan otot-otot panggul yang lemah, kerusakan saraf, kelebihan berat badan dan menurunnya estrogen akibat menopause.

Minum banyak air

Ketika cuaca panas, Anda mungkin minum banyak cairan untuk menjaga tubuh terhidrasi. Tapi, ada kemungkinan Anda buang air kecil lebih sering.

Apapun alasannya, jangan sepelekan sering buang air kecil karena bisa mematikan. Selain itu, berhati-hatilah menggunakan toilet umum, karena bisa jadi bakteri bersumber dari sana sebagai penyebab ISK.

Penyebab lainnya
Selain hal-hal di atas, terlalu sering buang air kecil juga bisa disebabkan oleh hal lain seperti rasa cemas, obat-obatan, stroke, kondisi sistem saraf atau otak yang tak baik. Selain itu beberapa masalah pada tubuh seperti infeksi ginjal, prostat yang membesar, tumor, atau infeksi pada kelenjar prostat juga bisa membuat wanita terlalu sering buang air kecil.

antibiotikanyang-anyanganinfeksi saluran kemihsering pipis
Comments (0)
Add Comment