Wow, Stasiun Kota Jakarta Masuk Daftar 10 Stasiun Kereta Terbesar di Dunia

foto: istimewa

Jakartakita.com – Bagi Anda  yang tinggal di Jakarta pasti pernah berkunjung ke Stasiun Jakarta Kota atau sekedar lewat didepannya saja. Stasiun Jakarta Kota merupakan peninggalan sejarah Belanda yang terkenal juga dengan sebutan Stasiun Beos pada era 1980-an. Stasiun Jakarta Kota telah beroperasi sejak 1873 sebagai jalur kereta api pertama Batavia-Buitenzorg (Jakarta-Bogor). Stasiun Jakarta Kota dekat dengan lokasi Kota Tua dan masuk dalam cagar budaya yang wajib dilindungi.

Stasiun Jakarta Kota dirancang oleh seorang arsitek kelahiran Tulungagung, Frans Johan Lowrens Ghijsels. Desain stasiun ini mengkombinasikan struktur dan teknik modern barat ‘Art Deco’ dengan bentuk tradisional. Kala itu stasiun Jakarta Kota dijuluki ‘Het Indishe Bouwen’ atau ‘Gedung Hindia’.

foto: istimewa

Nama lain Stasiun Jakarta Kota adalah Stasiun Beos yang merupakan singkatan dari Bataviasche Ooster Spoorweg Maattschapij(Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur). Kata Beos juga ada yang menyebutnya Batavia En Omstreken (Batavia dan sekitarnya). Kala itu Stasiun Jakarta Kota menjadi penghubung stasiun lain di sekitar Batavia seperti Buitenzorg (Bogor), Bekassie (Bekasi), Parijs van Java (Bandung), Karavam (Karawang).

Meski bentuk bangunan Stasiun Jakarta Kota masih sama seperti puluhan tahun lalu. Namun sebenarnya, stasiun ini telah mengalami beberapa kali pemugaran untuk memelihara bangunan tua dari kerapuhan.Pihak pengelola juga menambahkan beragam fasilitas modern di dalamnya seperti restoran, kedai kopi, toko, toilet bersih, mushola dan lainnya di stasiun kebanggaan Jakarta ini.

Siapa sangka Stasiun Jakarta Kota ternyata masuk dalam daftar 10 stasiun kereta api terbesar di dunia versi Readingtree. Mau tahu stasiun mana saja yang masuk dalam daftar tersebut? Simak dafta di bawah ini!

1. Grand Central Terminal, New York

2. Garde du Nord, Perancis

3. Shinjuku station, Tokyo, Jepang

4. Munich Hauptbahnhof, Jerman

5. Roma Termini Railway Station, Italia

6. Zurich Hauptbahnhof, Swiss

7. Leipzig Hauptbahnhof, Jerman

8. Chhatrapati Shivaji Terminus, India

9. Berlin Hauptbahnhof, Jerman

10. Stasiun Jakarta Kota, Indonesia.

BelandaCommuter LineGarde du Nordnew yorkPerancisPT KAIstasiun kereta apistasiun kota Jakarta
Comments (0)
Add Comment