Ada Kisah Seru di Balik Penggalangan Dana Untuk Rio Haryanto

foto: istimewa

Jakartakita.com –  Pebalap Rio Haryanto resmi ikut serta di ajang Formula 1, setelah pihak tim Manor Marussia mengumumkan secara resmi perihal bergabungnya Rio, di tim mereka, dalam sebuah acara teleconference di Gedung Pertamina, Kamis (18/2/2016).

Namun, ada cerita seru dibalik terciptanya ‘sejarah’ dengan menjadi pebalap Indonesia pertama yang ikut serta di ajang lomba paling kesohor sejagad tersebut.

Berawal dari adanya kabar ketertarikan salah satu tim Formula 1 Manor Marussia terhadap Rio Haryanto yang tentu sangat membanggakan.

Namun, sayangnya peluang emas ini terkendala dana. Pasalnya, pemerintah terlihat tidak bersemangat untuk memberikan dukungan dana untuk Rio. Hal itulah yang membuat mantan pebalap nasional Alex Asmasoebrata menggalan dana 5 ribu untuk Rio.

Seperti diketahui, untuk berlaga di ajang Formula 1 membutuhkan dana sekitar Rp 400 miliar. Menurut Alex, dana ini wajar bahkan terbilang kecil untuk ajang yang prestisius ini.

“Itu ide yang bagus. Kalau memang enggak ada (dana pemerintah) juga ya memang kita kumpulin aja 5 ribu buat Rio,” ujar Alex kepada wartawan di Kawasan Cikajang Senopati, Jakarta Selatan,  Kamis (17/1/2016) lalu.

Dalam kesempatan yang sama, Alex juga menyayangkan sikap pemerintah yang kurang responsif. “Sebetulnya ini jelas ada dalam undang-undang yang menyebutkan bahwa pemerintah pusat dan daerah wajib melindungi atlit. Dulu zaman Pak Harto enggak ada undang-undang bisa tapi sekarang ada (undang-undang) kok enggak bisa?” lanjut dia gemas.

Ayahanda dari pembalap wanita Alexandra Asmasoebrata ini mengatakan DPR belum menyetujui permohonan pihak Rio. Alex berharap semua pihak dapat mendukung pestasi Rio Haryanto untuk maju ke ajang Formula 1.

Namun, kini Rio resmi menjadi salah satu pebalap tim Manor Marussia. Semoga sukses dan menjadi inspirasi banyak pemuda Indonesia lainnya.

Alex Asmasoebrataformulai 1Manor MarussiaMenporaRio Haryanto
Comments (0)
Add Comment