Gol Kontroversial Jadi Penentu Kemenangan Dortmund di Kandang Leverkusen

foto: espn
Jakartakita.com – Gol kontroversial yang dicetak Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-64 menjadi penentu kemenangan 1-0 yang diraih Borussia Dortmund di kandang Bayer Leverkusen, Bay Arena, saat kedua tim bertemu dalam pertandingan Bundesliga yang berlangsung Minggu (21/2/2016).

Gol ini berawal dari bertabrakannya striker Leverkusen Stefan Kiessling dan gelandang Dortmund Sven Bender di tengah lapangan. Wasit memberi tendangan bebas dan diambil dengan cepat oleh pemain Dortmund. Erik Durm kemudian dapat memberi umpan matang yang diselesaikan dengan baik oleh Aubameyang.

foto: espn
Gol Aubameyang ini disambut dengan amarah tim tuan rumah. Mereka merasa tendangan bebas seharusnya diberikan kepada mereka, bukan kepada Dortmund. Pelatih Leverkusen Roger Schmidt yang turut memprotes terjadinya gol diusir ke bangku penonton oleh wasit Felix Zwayer, tapi sang pelatih menolak untuk menuruti keputusan pengadil lapangan tersebut.

Zwayer lalu dua kali menyuruh Kiessling, kapten Leverkusen, untuk membujuk Schmidt pergi. Saat Kiessling gagal membujuk Schmidt, Zwayer lalu memutuskan untuk meninggalkan lapangan bersama para asisten wasit.
Setelah pertandingan ini tertunda 10 menit, Schmidt akhirnya berhasil dibujuk untuk meninggalkan bangku cadangan. Zwayer dan para asistennya kemudian kembali ke lapangan hingga pertandingan bisa dilanjutkan kembali.

Di sisa waktu pertandingan beberapa kali pemain Leverkusen nyaris menyamakan kedudukan. Tapi tak ada yang berhasil dikonversi menjadi gol, termasuk peluang Javier ‘Chicharito’ Hernandez mendekati akhir pertandingan yang sedikit melenceng dari sasaran.

Dengan kemenangan yang diraih, Dortmund menempati peringkat kedua klasemen dengan 51 poin dari 22 pertandingan, tertinggal delapan poin dari Bayern Muenchen yang menempati peringkat pertama. Leverkusen yang kalah di urutan ke-empat klasemen, tetap dengan 35 poin.

Susunan Pemain
Bayer Leverkusen: Leno; Tah, Jedvaj (Hilbert 57’), Wendell (booked 89’), Toprak (Papadopoulos 45’(booked 56’)); Mehmedi, Kramer, Bellarabi (booked 58’), Kampl (booked 25’)(Ramalho 45’); Hernandez (booked 53’), Kiessling

Borussia Dortmund: Burki; Hummels, Papasthopoulos (Subotic 77’), Piszczek, Durm (booked 87’); Bender (Weigl 68’), Leitner, Ginter; Mkhitaryan, Aubameyang, Pulisic (Reus 45’)

Hasil pertandingan Bundesliga Minggu (21/2/2016):
Schalke 04 1-1 VfB Stuttgart
Younés Belhanda 14′ ; Martin Harnik 74′
Hannover 96 0-1 FC Augsburg
Koo Ja-Cheol 14′

Bundesligadortmundleverkusenpertandingansepakbola
Comments (0)
Add Comment