Brexit Menang Telak, Wali Kota London Dukung Inggris Keluar dari Uni Eropa

foto : istimewa

Jakartakita.com – Para pendukung keluarnya Inggris dari Uni Eropa yang sering disebut “Brexit” mendapat kemenangan telak setelah Wali Kota London, Boris Johnson, Minggu waktu setempat, menyatakan berada di belakang mereka yang mengkampanyekan Inggris keluar dari Uni Eropa.

“Setelah besarnya kekecewaan, saya akan mendukung suara ‘Keluar’ (dari Uni Eropa),” kata Johnson kepada sekumpulan besar orang di luar rumahnya di London utara.

Johnson, politisi populer dari Partai Konservatif pimpinan PM Cameron yang dianggap calon pengganti Cameron sebagai Perdana Menteri Inggris, mengaku hanya menginginkan hubungan dengan Eropa sebatas pada “perdagangan dan kerja sama”, bukan sebagai “proyek politik”.

Meskipun demikian, Johnson mengakui bahwa Cameron telah bekerja baik sekali dalam menegosiasikan konsesi dari para pemimpin Uni Eropa, pada pertemuan pekan lalu yang meratakan jalan untuk referendum keanggotaan Uni Eropa pada 23 Juni mendatang.

Namun, menurut Johnson, “Saya tak menganggap semua orang bisa secara realistis mengklaim bahwa ini adalah reformasi fundamental Uni Eropa atau keanggotaan Inggris Raya dalam Uni Eropa”. Demikian dilaporkan AFP, kemarin.

Boris JohnsonBrexitEropaInggrispartai konservatifuni eropaWali Kota London
Comments (0)
Add Comment