Baju Baru Sebaiknya Dicuci Dahulu Sebelum Dipakai

foto: istimewa

Jakartakita.com – Banyak orang yang malas mencuci baju baru sebelum dipakai. Pasalnya, wangi khas baju baru akan hilang bila dicuci dahulu. Padahal, memakai baju baru tanpa dicuci terlebih dahulu berbahaya bagi kesehatan kulit.

Dilansir dari Wall Street Journal, Donald Belsito, profesor bagian dermatologi dari Columbia University mengatakan bahwa terdapat dua hal berbahaya yang biasanya terkandung dalam baju baru. Pertama adalah pewarna dan yang kedua adalah formaldehyde resin yang terkandung dalam bahan pakaian. Pada beberapa kasus, dua hal tersebut yang masih menempel pada pakaian dapat menyebabkan masalah pada kulit.

Sebagian besar kain yang digunakan, diwarnai dengan menggunakan bahan yang mengandung azo-aniline. Pada beberapa orang dengan tingkat alergi sangat tinggi, hal ini dapat menyebabkan masalah serupa keracunan pada kulit. Pada beberapa orang lain, pewarna ini juga masih dapat menimbulkan masalah berupa gatal-gatal.

Walaupun begitu tentu saja hal itu tidak terdapat pada seluruh pakaian. Namun Belsito menyarankan untuk mencuci baju baru paling tidak sekali sebelum digunakan. Cara ini dapat melunturkan kandungan berbahaya pada pewarna pakaian dan membuatnya lebih aman ketika digunakan.

Lagi pula Anda tidak tahu sudah berapa banyak orang yang menjamah baju tersebut di toko sebelum akhirnya Anda beli. Alangkah baiknya bila Anda bersabar untuk tidak segera memakainya sebelum mencucinya terlebih dahulu.

alergibaju barucuci bajulaundry
Comments (0)
Add Comment