Naik Turun Tangga Ternyata Bisa Mencegah Pikun

foto: istimewa

Jakartakita.com – Banyak orang menghindari tangga dan lebih memilih menggunakan lift atau elevator dengan alasan kepraktisan dan tidak menguras tenaga. Padahal, naik turun tangga selain dapat menyehatkan badan juga dapat menyehatkan otak.

Seperti dilansir dari real simple, sebuah riset terbaru dari Concordia University membuktikan semakin teratur seseorang naik tangga, semakin awet muda otak mereka. Riset tersebut diterbitkan di Neurobiology of Aging.

Dalam riset tersebut peneliti menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging) non invasif untuk memeriksa 331 otak peserta berusia antara 19 dan 79 tahun.

Untuk memeriksa kesehatan otak, mereka melihat volume sel-sel kelabu, penanda visual kesehatan saraf dalam proses penuaan. Kemudian mereka membandingkan volume otak dengan jumlah tangga yang dipanjat peserta secara teratur dan berapa tahun yang mereka habiskan untuk sekolah.

Mereka menemukan semakin rajin naik tangga, otak memiliki lebih banyak sel-sel kelabu, setara dengan 0,58 tahun lebih muda. Mereka juga menemukan setiap tahun pendidikan yang dilalui, otak tampak 0,95 lebih muda.

Wow…ternyata untuk mencegah pikun caranya sangat mudah. Mulai sekarang, jangan mengeluh lagi kalau harus naik turun tangga ya!

DemensiaMRInaik turun tanggapikun
Comments (0)
Add Comment