SP PLN : Indonesia Belum Berdaulat Terhadap Energinya Sendiri

foto : dok. SP PLN

Jakartakita.com – Kamis (18/8/2016) kemarin, Serikat Pekerja (SP) PLN merayakan HUT ke-17 yang mengusung tema ‘Perjuangan Kedaulatan Energi Bangsa’.

Dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Jumat (19/8/2016), Ketum SP PLN, Jumadis Abda mengungkapkan bahwa, tema tersebut sengaja dipilih karena saat ini Indonesia belum berdaulat terhadap energinya sendiri.

“Dalam bidang kelistrikan misalnya, justru penguasaan Negara berusaha dikerdilkan dengan penyerahan sektor strategis ini kepada swasta,” jelasnya.

Hal ini, tutur dia, dapat terlihat dalam program 35.000 MW yang diarahkan kepada penguasaan swasta terhadap cabang produksi yang menyangkut hajat hidup orang banyak itu.

Padahal, menurut UUD 1945 pasal 33 ayat 2 jelas disebutkan bahwa cabang-cabang produksi yang penting itu seperti kelistrikan, harus dikuasai Negara. Jadi tidak boleh perusahaan privat menguasainya.

Demikian juga dari sisi hulu energi primernya, penguasaan Negara sampai saat ini juga lemah. Sebagian besar energi murah kita juga lebih banyak diperuntukkan untuk negara lain. Seperti energi bersih gas alam. Justru hampir separuh produksi Indonesia di ekpor dengan harga murah ke asing.

Sementara untuk ke dalam negeri, justru di jual mahal. Rata-rata harga jualnya dua kali lipat dibandingkan yang diekpor. Padahal, kalau diperuntukan misalnya untuk kelistrikan nasional Indonesia secara terintegrasi, maka biaya pokok produksi bisa lebih rendah sehingga harga listrik pun dapat lebih murah untuk mendorong perekonomian bangsa kita.

Lebih jauh, Jumadis juga mengatakan bahwa, dengan semangat HUT SP PLN kali ini, SP PLN bertekad mewujudkan kedaulatan energi di tanah air sendiri bersinergi dengan semua unsur yang ada seperti dengan manajemen PLN sendiri dan SP BUMN energi yang lain, seperti dengan Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) dan SP PGN, untuk mendorong pemerintah mewujudkan kedaulatan energi di bumi Indonesia sendiri, demi kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia.

Acara Peringatan HUT SP PLN Ke 17 yang berlangsung di Auditorium Kantor PT PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan – Jl. Demang Lebar Daun No.375, Palembang, Sumatera Selatan, juga dihadiri oleh Dirut PLN Sofyan Basir, didampingi oleh Direktur Human Capital Management, yang dalam kata sambutannya juga ikut mendukung penguasaan Negara dalam bidang kelistrikan itu yang sesuai dengan UUD 1945.

Turut hadir pada acara tersebut, sekitar 500 orang pengurus SP PLN seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke pada berbagai level Dewan Pimpinan (DPP, DPD, DPC dan DPAC) dan juga sesepuh penggiat perjuangan SP PLN. (Edi Triyono)

 

HUT SP PLNPT PLN (Persero)Serikat Pekerja (SP) PLNUUD 1945 pasal 33 ayat 2
Comments (0)
Add Comment