Holiday Inn Jakarta Kemayoran Gelar CSR Berupa Pelatihan Khusus Penyandang Disabilitas

foto : dok. Holiday inn Jakarta Kemayoran

Jakartakita.com – Bekerja-sama dengan Yayasan Emmanuel, hotel Holiday Inn Jakarta Kemayoran menyelenggarakan kegiatan Corporate Social Responsibilty (CSR) berupa pelatihan khusus untuk siswa-siswi penyandang disabilitas dari Sekolah Luar Biasa Negeri 01 Jakarta.

Sebanyak 10 orang siswa mendapat pelatihan satu hari penuh di Holiday Inn Jakarta Kemayoran, yang berlangsung pada hari Rabu, 7 September 2016 kemarin. Kegiatan CSR ini juga merupakan program resmi IHG Hotel Grup Cluster Indonesia.

“Kami ingin membekali para siswa-siswi penyandang disabilitas ini dengan pengetahuan khusus agar mereka mampu bersaing dan percaya diri untuk berani menjadi wiraswasta di kemudian hari. Holiday Inn Kemayoran sendiri sangat perduli dengan penyandang disabilitas, di hotel ini, kami juga mempekerjakan karyawan penyandang disabilitas (Tuna Rungu),” ujar Cheah Hooi Theng, selaku General Manager Holiday Inn Jakarta Kemayoran dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Kamis (8/9/2016).

Kegiatan CSR ini sejalan dengan misi tanggung-jawab sosial grup Hotel IHG bahwa setiap hotel-hotel yang merupakan bagian dari Grup IHG untuk menciptakan peluang kerja di sektor perhotelan serta bekerja-sama dengan organisasi lokal untuk memberikan pelatihan seputar dunia Hotel, agar dapat mempersiapkan peserta didik untuk menjadi tenaga kerja yang kompeten saat memasuki industri perhotelan.

Dalam kegiatan tersebut, pelatihan dimulai dari pengenalan akan dunia Hotel (Hotel Tour), sambutan dari Manajemen Hotel kemudian dilanjutkan dengan dua sesi spesial yang dibawakan oleh departemen Housekeeping khususnya bagian Laundry dan departemen Food & Beverage.

foto : dok. Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Selama satu hari penuh para peserta diajarkan teknik memilah kain linen sesuai dengan jenis bahan-nya, cara mencuci pakaian, cara menghilangkan noda pakaian dengan teknik khusus serta cara setrika dan melipat pakaian.

Selain itu, para siswa juga diajarkan tentang bagaimana cara memiliki bisnis Laundry di rumah, apa saja kendala yang akan dihadapi, alat-alat yang diperlukan untuk memulai usaha Laundry serta berapa biaya yang diperlukan untuk membuka jasa Laundry.

Pelatihan berlanjut ke departemen F&B dimana para peserta diajarkan cara membuat Cappuccino, tehnik Latte Art serta Teh Tarik ala Hotel dengan bahan-bahan yang mudah didapat di pasar ataupun supermarket.

Para siswa juga diajarkan serta praktek langsung tentang bagaimana mengoptimalkan kamera Handphone untuk mengambil gambar dengan angle yang menarik untuk mempromosikan produk melalui media sosial.

Acara ditutup dengan ramah-tamah serta pemberian sertfikat penghargaan kepada para siswa-siswi dari SLBN 01 Jakarta. Cheah juga menambahkan

“Merupakan suatu kebanggaan bagi Holiday Inn Kemayoran bisa bermitra dengan Yayasan Emmanuel untuk mendukung penyandang disabilitas dengan cara berbagi ilmu. Kami percaya bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja dan berkarya di Industri Perhotelan,” tandas Cheah Hooi Theng.

 

Corporate Social Responsibilty (CSR)grup Hotel IHGHotelhotel Holiday Inn Jakarta KemayoranYayasan Emmanuel
Comments (0)
Add Comment