XL Tetapkan Para Juara di Ajang Kompetisi ‘Smart Digitizing Your City 2016’

foto ; dok. XL

Jakartakita.com – Di ajang kompetisi “Smart Digitizing Your City 2016”, PT XL Axiata Tbk (XL) menetapkan karya dari mahasiswa/i Institut Teknologi Surabaya ( ITS) sebagai Juara 1, dengan karya solusi digital Safety Parking, Juara 2, Universitas Gajah Mada, dengan karya solusi digital TransApp dan Juara 3, Poltek Negeri Surabaya dengan karya solusi digital The Surface. Pada kesempatan ini, XL juga memberikan penghargaan khusus kepada peserta ITS dengan karya Taponesia.

Adapun karya-karya tersebut terpilih dari 1069 proposal yang masuk ke panitia sejak dibuka pada Maret 2016.

Chief Corporate Affairs Officer XL, Eka Bramantya Danuwirana mengatakan, semua karya yang terpilih cukup inovatif dan mengacu pada problem masyarakat perkotaan, sekaligus menjadi usulan setiap peserta untuk ikut memecahkan masalah yang dihadapi oleh warga dan pemerintah kota tempat tinggal mereka.

“Dari kompetisi ini lahir banyak ide hebat dari anak-anak muda Indonesia, mereka yang masuk generasi millennial, yang memang sejak lahir sudah ada di era digital. Karena itu tidak heran pula mereka memiliki begitu banyak ide dan gagasan dalam mengaplikasikan teknologi digital di kehidupan sehari-hari. Melalui kompetisi ini, mereka pun mendapatkan saluran untuk mengeksplorasi potensi teknologi digital yang sangat besar itu guna mencari solusi bagi problem sosial yang dihadapi masyarakat. Saya cukup surprise dengan ide-ide mereka, yang sangat original dan tak terbayangkan sebelumnya. Satu hal yang bisa kita petik, dengan memanfaatkan teknologi digital secara positif, sesuatu problem yang sepertinya tak mungkin diatasi bisa menjadi mungkin,” papar Eka di Jakarta, Selasa (15/11/2016).

Para peserta berasal dari berbagai perguruan tinggi di berbagai kota di Indonesia, termasuk dari Kawasan Timur Indonesia. Komposisi peserta 50% dari Jawa, 10% kalimantan, 25% Sumatera, 5% Bali dan NTB, 2% Maluku dan NTT, dan 8% dari Sulawesi.

foto ; dok. XL

Kompetisi Digital Leaders ini diikuti dengan dua jenis kepesertaan, yaitu individual atau pribadi dan kelompok.

Adapun sebagai Dewan Juri terdiri dari Teguh Prasetya – Deputy CEO PT Alita Praya Mitra dan Founder Indonesia Cloud Forum, Prasetya Andi W. ST, MT, Manajer Tim Pengembangan Teknologi Informasi Jakarta Smart City, Dr. Ir. Hari Santosa Sungkari, M.H., Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif, Turina Farouk, Vice President Corporate Communication PT XL Axiata Tbk, serta Arifa, Head of Internet of Things PT XL Axiata Tbk.

XL menyediakan hadiah bagi tiga pemenang berupa uang tunai, masing-masing untuk Juara 1 Rp 30 juta; Juara 2 Rp 20 juta, dan Juara 3 Rp 10 juta.

Selanjutnya, agar karya para peserta tidak berhenti pada ide dan kompetisi, XL akan memfasilitasi agar bisa diadopsi oleh pemerintah daerah masing-masing.

 

Aplikasidigital lifekompetisi “Smart Digitizing Your City 2016”PT XL Axiata Tbk.
Comments (0)
Add Comment