Siemens Luncurkan SIMATIC IOT2040 dan TIA PORTAL V14 Untuk Sektor Industri

foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Dalam rangka mendukung dunia industri memasuki era digital, Siemens Indonesia meluncurkan intelligent gateway untuk solusi industrial yang akan meningkatkan interkoneksi dan komunikasi data antara proses otomasi dan teknologi informasi yang diberi nama SIMATIC IOT2040.

“Melalui SIMATIC IOT2040, kami ingin memperkenalkan inovasi terbaru dari Siemens yang bisa mendukung berbagai macam industri di Indonesia. Saat ini dunia industri menghadapi tantangan bagaimana menghubungkan data, mengirimkan data, memantau data, serta menganalisis data. Inovasi kami membantu industri bisa lebih efisien dalam setiap aktivitas produksinya,” kata Pascal Dricot, Head of Factory Automation, PT Siemens Indonesia, di Jakarta, Kamis (09/03/20117).

Dijelaskan, industri global memasuki era baru yang dikenal sebagai Industri 4.0 yang corak utamanya adalah digitalisasi manufaktur yang didorong oleh kemajuan teknologi seperti analisis big data, cloud computing, dan koneksi intensif antara manusia dan mesin.

Tren terkini dan pertukaran data ini bermuara pada terciptanya “smart factory”.

Di dalam struktur modular smart factory tersebut, sistem cyber physical dapat memantau proses produksi, menciptakan tiruan virtual dari wujud fisik dan mendorong pengambilan keputusan yang terdesentralisasi.

Menurut Pascal, keunggulan utama SIMATIC IOT2040 adalah menjadi platform andal dan terbuka untuk pengumpulan, pemrosesan, dan pengiriman data di lingkungan produksi industri.

“Produk ini sangat sesuai untuk menjalankan peran sebagai gateway antara computing cloud atau bagian teknologi informasi perusahaan dan bagian produksi di pabrik. Perannya sebagai penghubung bisa digunakan untuk komunikasi dua arah, sekaligus mengirimkan data yang sudah dianalisis dari computing cloud ke bagian kendali produksi,” terangnya.

foto : jakartakita.com/edi triyono

Ditambahkan, komunikasi data yang terus menerus seperti ini akan mendorong optimalisasi produksi dalam siklus kendali yang tertutup. Sedangkan, sifat keterbukaan sistemnya dalam mendukung berbagai protokol komunikasi dan pemrograman dalam bahasa tingkat tinggi memudahkan dalam penyesuaian solusi.

Siemens juga menghadirkan versi terbaru V14 dari Totally Integrated Automation (TIA) dengan merancang gateway otomatisasi dalam digital enterprise yang fokus pada multi-user serta meningkatkan pengelolaan energi dan kendali gerak, konektifitas cloud computing, dan fungsi digital twin untuk virtualisasi.

TIA Portal V14 gateway ini juga dipakai di industri yang membutuhkan pengumpulan, pemprosesan, dan pengiriman data dalam proses produksi seperti industri pertambangan, pulp and paper, kimia, dan pabrik-pabrik.

Siemens telah memperkaya Versi 14 ini dengan fungsi baru untuk digital enterprise dan memenuhi kriteria industri 4.0. Selain PLM (Produk Lifecycle Management) dan MES ( Manufacturing Execution System ) di dalam digital enterprise Software Suite, TIA Portal juga dilengkapi dengan sejumlah perangkat lunak yang telah dipakai perusahaan untuk menuju era industri 4.0. (Edi Triyono)

 

analisis big datacloud computingera digitalintelligent gatewaySiemens IndonesiaSIMATIC IOT2040TIA Portal V14 gateway
Comments (0)
Add Comment