Kalahkan Yunani, Belgia Lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2018

Jakartakita.com – Belgia mampu mencuri kemenangan 2-1 saat dijamu Yunani dalam pertandingan Grup H kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA yang berlangsung di Stadion Karaiskaki, Minggu (4/9/2017) dini hari WIB.

Jan Vertonghen membuka keunggulan Belgia lewat gol yang dihasilkan melalui tembakan dari luar kotak penalti (70’). Zeca lalu menyamakan kedudukan dengan gol yang dicetak lewat sepakan kaki kiri menuntaskan umpan silang Georgios Tzavellas dari sayap kiri (73’).

Lukaku semenit berselang membawa Belgia kembali unggul (74’). Bola dilesakkan ke gawang Yunani oleh striker Manchester United tersebut dengan tandukan memaksimalkan umpan silang Thomas Meunier dari sayap kanan.

Kemenangan yang diraih membawa Belgia asuhan pelatih Roberto Martinez memuncaki klasemen grup dengan mengoleksi 22 poin dari delapan laga. The Red Devils dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 karena perolehan poinnya tak lagi bisa dikejar tim lainnya yang berada di Grup H.

Belgia menjadi wakil Eropa pertama, di luar tim tuan rumah Rusia, yang dipastikan akan berlaga dalam Piala Dunia 2018. Negara-negara lainnya yang juga telah lolos adalah Brasil (CONMEBOL), Iran (AFC), Jepang (AFC), dan Meksiko (CONCACAF).

Sementara itu, Yunani yang diarsiteki pelatih Michael Skibbe tertahan di peringkat tiga klasemen dengan 13 poin akibat kekalahan kandang yang dialami, selisih satu poin dari Bosnia-Herzegovina di peringkat dua. Bosnia-Herzegovina besutan pelatih Mehmed Bazdarevic pada dini hari WIB tadi meraih kemenangan 4-0 saat dijamu Gibraltar di Estadio Algarve, berkat gol-gol Edin Dzeko (35′, 85′), Kenan Kodro (65′), dan Senad Lulic (83′).

Gibraltar tetap di urutan enam tanpa poin akibat kekalahan yang terjadi. Urutan ke-empat ditempati Siprus dengan 10 poin, lalu Estonia di urutan lima dengan delapan poin.

 

Susunan Pemain

Yunani: Karnezis; Sokratis, Manolas, Tzavellas, Maniatis (Bakasetas 85’); Samaris (booked 55’), Tziolis, Stafylidis (Lykogiannis 69’), Zeca; Donis, Fortounis (Vellios 89’)

 

Belgia: Courtois; Vermaelen, Vertonghen, Alderweireld; Dembele (booked 50’)(Hazard 74’), Fellaini (Dendoncker 89’), Carrasco (booked 76’)(Chadli 79’), Meunier (booked 49’); Lukaku, Mertens, De Bruyne (booked 90’+2’)

 

Hasil pertandingan Grup H lainnya:

Estonia 1-0 Siprus

Mattias Kait (90’+2′)

Belgiakualifikasi piala dunia 2018lukakupertandingansepakbolauefayunani
Comments (0)
Add Comment