Nestle Kembali Gelar Kampanye Ayo Bangun lndonesia

foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Dalam rangka perayaan Pekan Sarapan Nasional (PESAN) 2018 yang diperingati setiap tanggal 14 – 20 Februari, Nestle kembali menggelar kampanye Ayo Bangun lndonesia.

Eka Herdiana selaku Market Nutritionist PT Nestle Indonesia mengungkapkan, kampanye Ayo Bangun lndonesia pertama kali diluncurkan pada tahun 2017.  Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Nestle untuk terus mendukung masyarakat Indonesia menerapkan perilaku sarapan sehat dan gizi seimbang serta gaya hidup aktif dalam rangka turut mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif.

“Adapun kehadiran Nestle Breakfast Box sebagai solusi praktis bagi keluarga Indonesia dalam menerapkan sarapan sehat dengan gizi seimbang,” jelas Eka, saat jumpa pers di Jakarta, Minggu (4/3/2018).

Untuk mendorong masyarakat menerapkan kebiasaan sarapan sehat, kampanye Ayo Bangun Indonesia 2018 menghadirkan berbagai program edukasi sarapan yang dapat diakses melalui situs Sahabat Nestle, seperti artikel, tips, resep sarapan sehat dan live chat bersama para ahli.

“Tahun lalu, kami meluncurkan Healthy Portion Plate untuk membantu para ibu di rumah dalam menyiapkan sarapan sehat,” ujar Eka.

Sementara itu, Ketua PERGlZl PANGAN Indonesia, Prof. Dr. lr. Hardinsyah mengatakan masih banyak penduduk lndonesia yang tidak terbiasa sarapan. Selain itu, kualitas sarapan yang dikonsumsi, seperti kandungan energi, protein, vitamin dan mineralnya juga masih belum memenuhi kebutuhan gizi seimbang.

“Data pada 2012 menunjukkan, bahwa 17 – 59% siswa sekolah dan remaja serta 30,2% wanita dewasa tidak terbiasa sarapan. Untuk kualitas sarapan, 45% anak sekolah belum memenuhi kebutuhan gizi  sarapan, 70% belum memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral sarapan, serta  90% belum memenuhi kebutuhan serta sarapan,” papar Prof. lr. Hardinsyah.

Meski demikian, lanjut Prof. lr. Hardinsyah, kebiasaan sarapan di kalangan siswa sekolah dasar di lndonesia semakin meningkat selama lima tahun terakhir ini.

foto : jakartakita.com/edi triyono

“Tentunya ini merupakan pencapaian bagi seluruh pihak yang terlibat dalam gerakan PESAN karena semakin banyak keluarga Indonesia yang mendapatkan manfaat sarapan, mulai dari meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan anak, menanamkan kebiasaan disiplin, mempertahankan status gizi normal, hingga menurunkan risiko kejadian beberapa penyakit tidak menular seperti diabetes, penyakit jantung koroner dan stroke,” ucap Hardinsyah.

Ditambahkan, pihaknya menyarankan masyarakat untuk mengacu pada pedoman 6 J ketika mempersiapkan sarapan sehat dengan gizi seimbang, yaitu : 1. Jenis makanan dan minuman pada sarapan, 2. Jumlah pangan 3. Jadwal sarapan, 4. Jurus mengolah, 5. Jurus menyiapkan, dan 6. Jurus mengonsumsi.

Adapun penyelenggaraan Ayo Bangun Indonesia 2018 juga diramaikan dengan peluncuran buku “Mitos & Fakta Sarapan” yang disusun oleh PERGIZI PANGAN Indonesia bekerja sama dengan Nestle Indonesia.

Buku yang dapat diunduh di www.sahabatnestle.co.id mulai tanggal 7 Maret 2018 ini mengulas sarapan dari berbagai sisi, mulai dari waktu yang tepat untuk sarapan, menu yang direkomendasikan untuk sarapan hingga hubungan sarapan dengan berat badan. (Edi Triyono)

Ayo Bangun Indonesia 2018Healthy Portion Platekampanye Ayo Bangun Indonesia 2018Nestle Breakfast BoxPekan Sarapan Nasional (PESAN) 2018PERGlZl PANGAN IndonesiaPT Nestle Indonesia
Comments (0)
Add Comment