NusantEro Big Band, Kolaborasi Musisi Indonesia-Eropa Bakal Meriahkan Ajang Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2020

foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Untuk pertama kalinya, gabungan musisi Eropa dan Indonesia yang tergabung dengan nama band NusantEro Big Band, akan tampil di ajang Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2020.

Menurut Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket, musik terbukti dapat menyatukan banyak orang dan budaya yang berbeda.

“Ini suatu perwujudan dari semboyan yang sama antara ‘Bhinneka Tunggal Ika’ dari Indonesia dan ‘United in Diversity’ dari Uni Eropa. Saya sangat senang dengan sumbangsih NusantEro untuk Java Jazz Festival,” ucap Vincent, di acara jumpa pers yang digelar di Jakarta, Selasa (25/2).

NusantEro Big Band merupakan kolaborasi 25 musisi jazz ternama dari Indonesia, Belgia, Denmark, Jerman, Hongaria, Italia, Belanda, Polandia, Slovakia, Spanyol, Swedia dan Swiss.

Pada kesempatan ini, NusantEro Big Band akan mempersembahkan karya klasik dari berbagai daerah dan negara masing-masing.

Adapun NusantEro Big Band dipimpin oleh pengarah musik, pianis dan vokalis jazz ternama Indonesia, Nita Aartsen yang rencananya akan mempersembahkan aransemen baru lagu-lagu Indonesia dan Eropa terkenal dari komposer seperti; Charles Trenet, Christ Kayhatu, Eric Satie, Ernst Bader & Klaus Gunter Neumann, Gesang, Ismail Marzuki, Jens Winther, Johann Sebastian Bach, Krzysztof Komeda, Maladi, Nino Rota dan Toots Thielemans, dengan sentuhan nada tradisional Jawa, Bali dan Betawi.

Proyek budaya ini didukung oleh Kedutaan Besar Belgia, Denmark, Jerman, Hongaria, Italia, Belanda, Polandia, Slovakia, Swedia dan Swiss, serta Delegasi Uni Eropa. (Edi Triyono)

Bhineka Tunggal IkaEropaJakarta International BNI Java Jazz Festival 2020kolaborasimusikmusisiNusantEro Big BandUnited in Diversity
Comments (0)
Add Comment