Survei : Puncak Kegiatan Berbelanja Online di Jam Kerja

foto : ilustrasi (ist)

Jakartakita.com – Survei Nielsen Digital Consumer 2019 yang dirilis Nielsen Media Indonesia baru-baru ini menyebutkan, netizen di Indonesia menunjukkan sebagian besar waktu mereka di internet untuk mengakses sosial media.

Menariknya, kegiatan berbelanja online mencapai puncaknya di jam kerja (sekitar pukul 09.00-15.00) setiap harinya.

Survei juga mengungkapkan, dalam 1 bulan terakhir 67% online shopper dapat menghabiskan Rp 50.000 – Rp 500.000 untuk berbelanja online. 

Kategori yang paling banyak dibeli netizen adalah kategori produk fashion (72%), disusul kategori makanan dan minuman (42%), gadget / elektronik (41%), lalu kebutuhan sehari hari dan kategori kosmetik/perawatan wajah dengan masing-masing 40%.

Lebih lanjut, survei Nielsen Digital Consumer 2019 juga menyebutkan, sebanyak 98% netizen menggunakan perangkat smartphone untuk mengakses internet dalam 2 tahun terakhir.

Disusul dengan laptop yang diakses oleh 65% netizen dan 55% netizen menggunakan desktop PC. 

Selain itu, netizen yang mengakses melalui Smart TV mengalami peningkatan yang cukup signifikan (17%) di tahun 2019 dibandingkan tahun 2017 (7%).

Melansir siaran pers, Kamis (19/3), Hellen Katherina, Executive Director Nielsen Media Indonesia mengungkapkan, dalam hal metode pembayaran pun, kini netizen telah beralih menggunakan pembayaran digital yang dikenal dengan e-wallet.

Sebanyak 56% netizen kini telah memilih menggunakan metode pembayaran digital (e-wallet) hampir setiap hari.

Kebanyakan dari mereka dengan 81% netizen menggunakan pembayaran digital (e-wallet) ini untuk membayar makanan dan minuman.

Disusul dengan 72% netizen yang menggunakan e-wallet untuk transaksi transportasi dan sekitar 41% netizen menggunakan untuk membayar tagihan-tagihan (kartu kredit, listrik, air, dsb.).

Aplikasi e-wallet yang digunakan pun sangat beragam, namun OVO terlihat lebih dominan dengan 80% pengguna.

Sementara itu, untuk keperluan menonton video, selain Youtube, ada banyak pilihan platform maupun situs baik yang gratis maupun yang berlangganan. Namun Youtube adalah platform yang paling banyak digunakan netizen (68%) untuk menikmati konten acara TV atau film.

Terkait mendengarkan musik di internet, platform sharing musik dan aplikasi musik yang premium masih sangat digandrungi oleh netizen.

Pasalnya, sebanyak 67% netizen mendengarkan musik atau radio melalui platform sharing seperti Youtube atau Dailymotion.

Sedangkan 57% netizen memilih melalui aplikasi musik freemium seperti Spotify, Joox, Apple Music dan sebagainya.

Untuk diketahui, Digital Consumer Survey 2019 adalah online survei terhadap pengguna internet (yang mengakses internet 1 bulan terakhir) pada 9 kota besar (Greater Jakarta, Greater Bandung, Greater Surabaya, Greater Semarang, Greater Yogyakarta, Greater Denpasar, Medan, Makassar, dan Palembang).

Digital Consumer Survey 2019e-walletHellen Katherinakonsumen digitalnetizenNielsen Media Indonesia
Comments (0)
Add Comment