QM Financial Ajak Semua Orang Jadi Pahlawan Finansial Bagi Keluarga

foto : ilustrasi (ist)

Jakartakita.com – Sejalan dengan semangat Hari Pahlawan, QM Financial, Your Financial Learning Partner mengajak semua orang menjadi Pahlawan Finansial bagi keluarga, dengan memiliki bekal literasi keuangan yang baik dan mampu melihat serta menangkap peluang yang ada agar berdaya secara finansial.

“Resesi telah memberikan dampak yang luas bagi semua pihak. Fokus kita saat ini adalah bertahan. Namun, tidak hanya itu, kita juga tentunya ingin mereka yang di sekeliling kita menjadi terbantu agar sama-sama bertahan di tengah resesi ini. Di sinilah peran kita sebagai Pahlawan Finansial sangatlah penting,” ujar Ligwina Hananto, Lead Financial Trainer QM Financial di acara diskusi bertajuk “Pahlawan Finansial Keluarga” : Mencari Peluang di Tengah Resesi yang disiarkan secara online belum lama ini.

Ditambahkan, visi QM Financial adalah mewujudkan masyarakat (personal, UMKM, lembaga, dan korporasi) yang memiliki keterampilan literasi keuangan agar berdaya secara finansial.

“Agar berdaya secara finansial dan bisa menjadi Pahlawan Finansial bagi keluarga, penting untuk kita semua memiliki literasi keuangan. Untuk itu, QM Financial bangga menjadi Your Financial Learning Partner. Sejak berdiri 17 tahun lalu, QM Financial telah memberikan berbagai edukasi finansial untuk Indonesia agar masyarakatnya berdaya secara finansial. Saluran edukasi QM Financial menjangkau semua masyarakat. Baik melalui platform gratis seperti website, YouTube, Instagram, & Twitter; maupun platform berbayar seperti QM Training – program pelatihan keuangan untuk karyawan, kelas finansial online Financial Clinic Online Series, diskusi bersama pakar multidisiplin di Financial Dialogue, dan modul belajar finansial tanpa terpatok jadwal di Udemy,” jelasnya lagi.

“Kami berharap semua bisa menjadi Pahlawan Finansial bagi keluarga dan sekitar,” sambungnya. 

Pada kesempatan yang sama, Emiralda Noviarti Financial Trainer QM Financial, mengatakan, ada 5 hal yang perlu dilakukan untuk menjadi Pahlawan Finansial di tengah resesi.  

“Yang mesti diperhatikan, yaitu; periksa pintu penghasilan, atur ulang budget bulanan, amankan dana darurat, pastikan proteksi, dan periksa investasi. Lima hal itu haruslah dipahami oleh Pahlawan Finansial agar dapat bertahan sebelum bisa menolong orang lain,” kata Emiralda.

Rincinya dijelaskan, pertama, proteksi pintu penghasilan utama dapat dilakukan dengan menganalisa kondisi tempat bekerja dan mencari cara menjadi solusi agar bisnis dapat tetap berjalan. Jika dirasa perlu, temukan peluang pintu penghasilan lain.

Kedua, mengatur ulang bujet bulanan yang dilakukan dengan membagi pengeluaran dalam 5 pos utama yaitu cicilan, rutin, menabung/investasi, sosial, dan lifestyle. Kita perlu tetap berbelanja agar roda ekonomi terus berputar. Sisihkan juga untuk membantu sesama yang membutuhkan. 

Ketiga, memiliki dana darurat yang mencukupi. Penting disadari bahwa di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian ini, dana darurat sangat penting. Untuk mendapat penghasilan tambahan, penting mengetahui perubahan perilaku konsumen yang saat ini lebih banyak #dirumahsaja, fokus pada hal mendasar, terkoneksi secara digital, dan memiliki empati sosial tinggi.

Keempat, miliki proteksi dengan asuransi utama yaitu asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Kelima, review rencana dan performa investasi sesuai dengan tujuan finansial. Pahami instrumen investasi dan faktor risikonya agar bisa membantu tercapainya tujuan finansial dalam rentang waktu yang sudah kita tentukan sebelumnya. (Rully)

Hari PahlawanLigwina HanantoPahlawan FinansialPahlawan Finansial KeluargaQM FinancialYour Financial Learning Partner
Comments (0)
Add Comment