Traveloka Gandeng BNI Luncurkan Traveloka PayLater ‘Virtual Card Number’

foto : istimewa

Jakartakita.com – Belum lama ini, Traveloka resmi meluncurkan TravelokaPayLater ‘Virtual Card Number’.

Dengan menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), metode pembayaran inovatif ini membantu pengguna Traveloka PayLater memakai fitur buy now and pay later pada platform-platform e-commerce di luar ekosistem Traveloka dengan ‘Virtual Card Number’.

Dalam siaran pers, baru-baru ini, Caesar Indra selaku President Traveloka menjelaskan, PayLater ‘Virtual Card Number’ memiliki 16 digit angka, tanggal kedaluwarsa kartu, dan Card Verification Value (CVV), serupa dengan kartu kredit.

Biasanya, transaksi e-commerce membutuhkan kartu kredit dan layanan pembayaran perbankan lainnya. Akibatnya, hal ini menghalangi golongan masyarakat yang belum terjangkau atau kurang memanfaatkan layanan perbankan. Apalagi, mereka juga tidak dapat memperoleh peringkat kredit.

“Dengan ‘Virtual Card Number’, pengguna kini bisa memakai kredit PayLater yang ditentukan pada aplikasi Traveloka, dan bertransaksi daring dengan opsi pembayaran cicilan—tingkat bunga tergolong rendah, mulai 2,25% per tahun—pada beragam platform e-commerce seperti Shopee, Lazada, JD.ID, Bukalapak, dan Tokopedia. Para pengguna juga dapat menyatukan dan mengelola akun PayLater mereka lewat aplikasi sehingga pengelolaan keuangan lebih terkendali,” terang Caesar.

Lebih lanjut diungkapkan, “Portofolio produk keuangan kami selalu bertujuan memperluas inklusi keuangan, dan hal ini berawal dari negara asal kami, Indonesia. Traveloka PayLater ‘Virtual Card Number’ melengkapi produk PayLater kami yang telah membantu jutaan pengguna mengakses kredit dan memenuhi kebutuhan gaya hidup mereka. Kami optimis bahwa terobosan ini tak hanya menjadi metode pembayaran yang aman dan mudah bagi pengguna, namun juga mengatasi kesenjangan dengan menyediakan akses kredit bagi konsumen yang belum terjangkau layanan perbankan di pasar terbesar kami.”

Menurut Caesar, layanan keuangan Traveloka telah menjadi produk terbaik yang memenuhi kebutuhan dan keinginan gaya hidup pengguna.

“Peluncuran Traveloka PayLater ‘Virtual Card Number’ membuktikan fokus Traveloka dalam layanan dan produk keuangan, sekaligus memperkuat komitmen Traveloka terhadap inklusi keuangan. Sejak meluncurkan PayLater pada 2018, jumlah pengguna Traveloka telah bertambah 7,5 kali lipat. Hal ini mencerminkan pesatnya permintaan atas layanan keuangan tersebut. Kami menyaksikan tingkat permintaan yang besar dan bertambah pesat dari konsumen di seluruh wilayah atas solusi tekfin yang memperluas akses layanan keuangan yang semakin cepat di tengah pandemi Covid-19. Berkat posisi kami sebagai lifestyle superapp di Asia Tenggara, kami dapat memanfaatkan pertumbuhan ini dan terus meningkatkan inovasi penting di sektor layanan keuangan,” beber Caesar.

Di kesempatan yang sama, CorinaLeyla Karnalies selaku Consumer Business Director BNI mengungkapkan, “Virtual Card Number adalah metode pembayaran modern yang mempermudah konsumen bertransaksi daring. Fitur ini membantu pengguna menggunakan cara yang mudah dan aman ketika bertransaksi daring dengan ‘Virtual Card Number’ unik ketimbang nomor kartu kredit biasa.”

Ditambahkan, “Virtual Card Number menawarkan banyak manfaat yang dapat diperoleh kalangan perusahaan atau mitra perusahaan. Salah satu fiturnya adalah penggunaan Virtual Card Number yang berbeda untuk setiap transaksi daring. Fitur ini meningkatkan keamanan, mengurangi risiko penipuan, dan penyalahgunaan.”

Lebih lanjut Corina juga menjelaskan, bahwa Virtual Card Number diterbitkan, serta dikirim secara elektronis dan langsung, tanpa biaya tambahan.

“Selain itu, mitra perusahaan dapat memperoleh keamanan yang lebih baik sebab notifikasi langsung terkirim dan terintegrasi dengan surel. Mitra perusahaan juga bisa mengakses laporan penggunaan secara lengkap sehingga mempermudah proses rekonsiliasi transaksi. Dalam waktu dekat, konsumen PayLater selain mitra perusahaan juga dapat menikmati manfaat tersebut. Virtual Card Number juga didukung jenjang keamanan tambahan jika dibandingkan kartu kredit biasa. Pengguna harus mengaktifkan ‘Virtual Card Number’ pada aplikasi Traveloka sebelum dapat memakainya. Setelah diaktifkan, ‘Virtual Card Number’ hanya dapat dipakai selama 15 menit demi mencegah penyalahgunaan,” beber Corina. 

BNIfitur buy now and pay laterpaylaterPT Bank Negara Indonesia (Persero) TbkTravelokaTraveloka PayLater Virtual Card NumberVirtual Card Number
Comments (0)
Add Comment