Gandeng Kementerian Kesehatan dan BPOM, Nutrifood Gelar Festival Komunitas ‘Beat Obesity’ 2021

foto : istimewa

Jakartakita.com – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional sekaligus Hari Diabetes Sedunia 2021, Nutrifood bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia menggelar edukasi kepada masyarakat melalui Festival Komunitas ‘Beat Obesity’ 2021. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye yang telah dijalankan Nutrifood sejak 2013, terkait pentingnya mencermati konsumsi gula, garam, dan lemak serta membaca label kemasan. 

Selain itu, program ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat untuk hidup lebih sehat, khususnya di masa pandemi ini, dengan membatasi asupan gula dan memahami sumber pemanis yang lebih baik agar terhindar dari risiko obesitas dan diabetes. 

Menurut dr. Elvieda Sariwati, M.Epid, selaku Plt Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), Kementerian Kesehatan RI, Riskesdas 2018 menyebutkan, tingkat obesitas pada orang dewasa meningkat menjadi 21,8 persen dan prevalensi berat badan berlebih juga meningkat dari 11,5 persen di 2013 ke 13,6 persen di 2018.

Perubahan gaya hidup selama pandemi seperti konsumsi gula berlebih dan berkurangnya aktivitas fisik berpotensi meningkatkan risiko obesitas. 

“Kita ketahui bersama, bahwa obesitas memiliki risiko prediabetes dan diabetes dimana hampir 90% orang dengan diabetes tipe 2 ternyata mengalami masalah kelebihan berat badan atau obesitas,” jelas dr. Elvieda Sariwati, M.Epid, Plt dalam acara yang disiarkan secara virtual, Kamis (04/11).

“Kuatkan komitmen untuk menjaga pola makan sehat dan perhatikan asupan gula sehari-hari, rutin beraktivitas fisik, lakukan deteksi dini/skrining berkala dan jangan ragu untuk segera periksakan diri ketika muncul gejala awal,” sambungnya.

Di kesempatan yang sama, Susana, S.T.P., M.Sc., PD.Eng., Head of Strategic Marketing Nutrifood mengatakan, Nutrifood selama lebih dari 42 tahun berkomitmen untuk menginspirasi masyarakat Indonesia untuk mengimplementasikan gaya hidup sehat, terlebih di masa pandemi saat ini. 

“Untuk itu, kami menyadari pentingnya komitmen yang berkelanjutan dan kolaborasi bersama mitra strategis seperti Kementerian Kesehatan RI dan Badan POM RI. Sejak 2013, kami secara konsisten mengedukasi tenaga kesehatan, komunitas, dan masyarakat melalui kampanye Cermati Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak serta Baca Label Kemasan. Kami berharap, melalui Festival Komunitas ‘Beat Obesity’ ini, dapat memperluas wawasan berbagai lapisan masyarakat, mulai dari anak muda, komunitas kuliner dan kesehatan, serta masyarakat umum tentang pentingnya batasan konsumsi gula untuk membantu mereka terhindar dari risiko obesitas dan diabetes,” jelas Susana.

foto : istimewa

Dia menambahkan, komitmen Nutrifood dalam mengedukasi hidup sehat juga diterapkan bagi karyawan Nutrifood sendiri.

Oleh karena itu, sebagai wujud kepedulian Nutrifood kepada karyawan, salah satunya melalui program Beat Obesity, untuk membantu karyawan dengan status overweight dan obesitas menjalani program hidup sehat dan penurunan berat badan. 

“Berlangsung sejak Maret hingga September 2021 (6 bulan), program ini diikuti oleh 132 karyawan yang ingin menurunkan berat badannya. Karena pandemi, hampir seluruh program pendampingan diadakan secara virtual, yang terdiri dari medical check up, survei kebiasaan hidup sehat dan pembentukan support group, serta berbagai aktivitas olahraga secara mandiri maupun kelas virtual, edukasi kesehatan, penyediaan makan siang khusus bagi karyawan yang berlokasi di pabrik, dan konsultasi kesehatan dengan dokter,” pungkas Susana. (Rully)

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)Festival Komunitas ‘Beat Obesity’ 2021Hari Diabetes Sedunia 2021Hari Kesehatan Nasionalkementerian kesehatanNutrifoodrisiko obesitas dan diabetes
Comments (0)
Add Comment