Bantu Perekonomian Musisi Lokal, Nagaswara Luncurkan Multi Channel Network ‘Nagadigit’

foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Label musik Nagaswara kembali meluncurkan inovasi baru bertajuk Multi Channel Network, NagaDigit.

Dengan mengusung tema ‘Music For The Future’, diharapkan dapat membentuk ekosistem industri musik baru yang inovatif, kreatif dan fair dari sisi pembagian hasil kepada pemilik konten, pencipta lagu, publisher, label dan semua yang terlibat.

Rahayu Kertawiguna selaku CEO Nagaswara mengungkapkan, Nagadigit bertujuan untuk mendukung musisi baru mengenalkan karya melalui YouTube.

“Nagadigit adalah jaringan multi channel yang berafiliasi dengan sejumlah channel YouTube. Memberikan layanan pengembangan penonton, pemrograman konten, kolaborasi kreator hingga manajemen hak digital,” ucap Rahayu dalam jumpa pers  peluncuran NagaDigit di Jakarta, Jumat (24/6).

Platform ini, lanjut Rahayu, merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan teknologi, Cerdas Solusi Indonesia (CSI) dan publisher Pragita Prabawa Pustaka.

Ditambahkan, “Peluncuran platform ini termasuk di bidang industri musik, seperti Big Indie Nagaswara sebagai label musik, publishing dan juga media menyambut momentum ini dengan sebutan kolaboraksi. Nagaswara sebagai Major Label yang mengukuhkan dirinya dengan sebutan Big Indie memiliki visi dan misi memajukan kreatifitas karya-karya musisi, seperti pencipta lagu, penyanyi dan aranger yang berada dalam naungannya.”

Di kesempatan yang sama, Bimas Nurcahya sebagai publisher dari Pragita Prabawa Pustaka yang memiliki kekuatan sebagai pemegang lisensi menyebutkan, bahwa perlindungan dalam sistem Youtube/Google Inc. ada dua aspek, yaitu :

1.Perlindungan Lagu dalam bentuk ciptaan aslinya (notasi/komposisi asli) dilindungi oleh publisher/penerbit musik melalui Content Management System (CMS) Publishing. Saat ini, CMS Publishing Pragita Prabawa Pustaka adalah salah satu CMS terkuat di Indonesia, menaungi pencipta-pencipta seperti Denny Caknan, Ndarboy Genk, Fahmi Sahab dan lain-lain. Selain itu, Pragita juga adalah satu-satunya publishing di Indonesia yang memiliki afiliasi dengan satu kantor pengacara terkemuka dalam hak cipta musik, Josbi Indonesia Lawfirm.

2. Perlindungan Lagu ketika sudah diproduksi (Master), yaitu dalam bentuk Content dalam Youtube, dilakukan melalui CMS/Content-ID Nagadigit.

“Bahwa kolaboraksi antara Nagaswara, Pragita dan CSI dalam Nagadigit ini menghasilkan suatu perlindungan yang sifatnya lebih menyeluruh jika dibandingkan kompetitor lain. Bukan hanya pengalaman Nagaswara dalam mengelola ratusan artis dan puluhan ribu Content, pengetahuan dan pengalaman Pragita dalam bidang hukum Hak Cipta Musik juga ikut membantu para pemilik Channel atau Content kreator untuk berkreasi dengan rasa aman,” beber Bimas Nurcahya.

Adapun Cerdas Solusi Indonesia (CSI), merupakan sebuah perusahaan IT yang sudah berpengalaman dalam proyek-proyek pemerintahan seperti dengan Direktorat Perpajakan, BPJS Kesehatan, PERURI, KAI dan lain-lain.

Selain itu, pemilik channel juga bisa mendapatkan akses ke lagu-lagu yang berada dinaungan Nagaswara. Lainnya adalah sistem bayaran. Pemilik channel berpeluang mendapatkan uang meski belum mencapai batasan minimum US$ 100.

Sebagai informasi, batasan minimum tersebut adalah patokan yang diterapkan Google Adsense.

Mereka yang berminat bisa mendaftarkan diri melalui email di join@nagadigit.com.

Namun sebagai catatan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi mereka yang mau bergabung dengan Nagadigit.

Nagadigit sendiri merupakan jaringan multi channel network, yakni penyedia layanan pihak ketiga yang berafiliasi dengan sejumlah salutan YouTube untuk menawarkan sejumlah layanan.

Layanan yang di maksud seperti pengembangan penonton, pemograman konten, kolaborasi kreator, managemen hak digital, monotisasi, dan/penjualan.

Semua channel yang merupakan bagian dari Nagadigit juga harus ditinjau dan mengikuti kebijakan monetisasi YouTube.

Pada kesempatan yang sama, pedangdut Fitri Carlina yang hadir di acara peluncuran menuturkan, “Dengan adanya aku gabung di Nagadigit ini, perlindungan performence ku bakal di jaga. Kadang aku tampil di mana aja di tayangin di YouTube mereka tanpa izin sepengetahuanku itu kan merugikan aku banget, misalkan aku tampil live dimana, off air dimana, juga performance ku juga tidak dapat apa-apa dan pencipta lagunya tidak dapat apa-apa itu hanya dinikmati sendiri.”

Lebih lanjut Fitri mengaku, merasakan keuntungan dan manfaat yang luar biasa semenjak bergabung di NagaDigit, baik untuk karirnya sebagai pedangdut dan pribadinya.

Alhamdulillah makin bagus banget, nama channel youtube-nya selalu di cari masyarakat. Meski aku sudah bergabung di Nagaswara, channel aku pribadi selalu di cari dan ditanya-tanya channel-nya apa. NagaDigit ini network-nya aku perhatikan semakin berkembang dan lebih luas lagi, tak hanya di Indonesia bahkan sampai ke luar negri. Itu yang aku rasakan,” pungkas Fitri Carlina. (Edi Triyono)

Multi Channel NetworkMusisi LokalNagadigitNagaswara
Comments (0)
Add Comment