Verstappen Juara F1 GP Belanda

Jakartakita.com – Pebalap tim Red Bull Racing Max Verstappen keluar sebagai juara F1 GP Belanda usai menjadi yang tercepat menuntaskan seluruh 72 putaran dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Zandvoort, Minggu (4/9/2022). Pebalap Belanda tersebut finis dalam waktu 1 jam 36 menit 42,773 detik.

Kemenangan yang diraih merupakan yang ke-30 bagi Verstappen di ajang F1, yang ke-10 musim ini.

Verstappen start dari pole position dalam balapan kali ini, diikuti duo pebalap Ferrari Charles Leclerc dan Carlos Sainz di posisi kedua dan ketiga. Pebalap Mercedes Lewis Hamilton di posisi keempat.

Sainz masuk pitstop pada putaran ke-15, sedangkan Leclerc melakukannya pada putaran ke-18. Pada putaran ke-19, Verstappen masuk pitstop dan menempati posisi ketiga setelah pitstop. Hamilton dan rekan setimnya, George Russell, menempati posisi 1-2.

Verstappen dapat melewati Russell pada putaran ke-28. Hamilton masuk pitstop dua putaran berselang dan keluar di posisi keempat. Russel masuk pitstop pada putaran ke-31 dan menempati posisi kelima seusai pitstop.

Verstappen, Leclerc, dan rekan setim Verstappen, Sergio Perez, menempati posisi pertama sampai ketiga. Perez masuk pitstop pada putaran ke-41 dan menempati posisi ketujuh setelah pitstop.

Pebalap tim Scuderia AlphaTauri Yuki Tsunoda mengalami permasalahan mesin pada putaran ke-48 sehingga virtual safety car diberlakukan. Seusai pitstop, Verstappen menempati posisi pertama diikuti Hamilton dan Russell di urutan kedua dan ketiga.

Pada putaran ke-55, pebalap Alfra Romeo F1  Team Valtteri Bottas mengalami permasalahan mesin sehinggai virtual saafey car kembali diberlakukan.

Verstappen dapat menempati posisi pertama seusai pitstop. Hamilton dan Russell menguntit di posisi kedua dan ketiga.

Russell melewati Hamilton pada putaran ke-64, lalu Leclerc melewati Hamilton setelah itu. Verstappen pada akhirnya keluar sebagai juara, Russell dan Leclerc di peringkat dua dan tiga.

balapanf1gp belandajuarared bull racingsirkuit zandvoortverstappen
Comments (0)
Add Comment