Rayakan Hari Sumpah Pemuda, MOZARTS’73 Gandeng IKJ & Senat FSRD Gelar ‘Sumpah Pemozarts 2024’ 

foto : dok. MOZARTS’73

Jakartakita.comMOZARTS’73 hadir kembali dengan kegiatan bertajuk ‘Sumpah Pemozarts’ untuk menyambut hari nasional Sumpah Pemuda 2024 juga sebagai perwujudan nasionalisme dan kecintaan terhadap Tanah Air, Indonesia. 

Bekerja sama dengan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan Senat FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain), kegiatan ini dilaksanakan di dalam dan luar kampus.

“Sumpah Pemuda adalah momentum luar biasa yang menginspirasi kami untuk terus semangat berkarya dalam satu kesamaan visi dan misi. Kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi rekan-rekan alumni sekaligus jembatan penyambung antara mahasiswa dan alumni,” ucap Semut Prasidha selaku Ketua Pelaksana kegiatan Sumpah Pemozarts seperti dilansir dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

Dijelaskan, kegiatan Sumpah Pemozarts terbagi menjadi 6 sesi, yaitu: Pawai Sepeda Motor, Sketsa Bersama, Mural, Art For Kids, Bakti Sosial dan Upacara Bendera.

Sebanyak 28 unit sepeda motor unik khas PeMozarts (begitu para anggotanya disebut), secara simbolik melakukan pawai dan kirab bendera dari kampus IKJ menuju museum diiringi oleh puluhan sepeda motor lainnya. 

“Kirab dan pawai ini bertujuan untuk menebarkan semangat Sumpah Pemuda dan jiwa nasionalisme kepada masyarakat Daerah Khusus Jakarta, juga kepada internal MOZARTS’73 sendiri,” jelas Semut.

Sketsa bersama dilakukan di museum, menjadi salah satu rangkaian acara bagi kreativitas peserta Sumpah Pemozarts

Hasilnya kemudian dipamerkan di dalam kampus IKJ. 

Paralel dengan pawai sepeda motor dan sketsa bersama, yaitu kegiatan mural tembok di sisi luar kampus IKJ. 

Tema mural yang diusung meliputi 3 unsur. 

Yang pertama, adalah ‘Pantai’ sebagai representasi dari keindahan alam terbuka. 

Yang ke-2, adalah tema ‘Sepeda Motor’ mengingat masifnya kendaraan roda dua sebagai moda transportasi paling taktis dan praktis di Daerah Khusus Jakarta. 

Yang ke-3, adalah unsur ‘Sumpah Pemuda’ sebagai pesan untuk menjaga jiwa nasionalisme bagi masyarakat sekitar dan audiens lainnya.

Dengan demikian, MOZARTS’73 bersama dengan mahasiswa FSRD IKJ telah ikut membantu merawat dan mempercantik lingkungan sekitar RW01 kelurahan Cikini kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. 

Menjadi semakin menarik karena mural ini diperlombakan khusus bagi para peserta mahasiswa.

Selain sesi kegiatan di atas, para PeMozarts juga melakukan kegiatan pelatihan menggambar dan mewarnai bagi anak-anak hingga bakti sosial dengan membagikan paket sembako kepada kaum duafa & yang membutuhkan.

“Selanjut, kegiatan acara diakhiri dengan inagurasi dan pembacaan naskah Sumpah Pemuda oleh PeMozarts bersama-sama dengan mahasiswa FSRD IKJ pada akhir kegiatan,” tandas Semut.

“Kami mendukung kegiatan kolaboratif dan positif seperti ini, diharapkan tersambungnya silaturahmi antara mahasiswa aktif khususnya Senat Mahasiswa FSRD IKJ dengan Ikatan Alumni Seni Rupa IKJ (ILUSI) untuk bersama-sama beraktivitas kesenian dalam pengabdian di tengah masyarakat,” ucap Ehwan Kurniawan (Wakil Dekan 1, bidang Akademik dan Kemahasiswaan).

event seniFakultas Seni Rupa dan DesainHari Sumpah PemudaIkatan Alumni Seni Rupa IKJ (ILUSI)Institut Kesenian Jakarta (IKJ)kampus IKJMOZARTS’73muralpameranSenat FSRDSumpah Pemozarts
Comments (0)
Add Comment